Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 13 Januari 2019 / 12:07 WIB

Curi Ponsel Milik Saudara, Sumanto Disel

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Aparat Polsek Kebakkramat meringkus tersangka pembobol rumah bernama Sumanto (31). Ia mencuri sebuah ponsel pintar milik korban asal Dukuh Gembong, Malanggaten, Kebakkramat, KH (36). 

Kasatreskrim Polres Karanganyar, AKP Purbo Adjar Waskito kepada KR, Jumat (11/1) mengatakan tersangka asal Dukuh Gembong Rt 04/Rw VI Desa Malanggaten, Kebakkramat ditangkap berkat kerja patroli cyber. Tersangka terjebak umpan yang dipasang aparat.

"Jadi, tersangka menawarkan ponsel curiannya ke grub jual beli di facebook. Kemudian, kita lacak dan ketemu. Akhirnya bisa diringkus tanpa perlawanan sebelum barang bukti berpindah tangan," katanya. 

Diceritakan, tersangka selesai bermain karambol bersama temannya pada Rabu (21/11/2018) pukul 01.00 WIB. Setelah pulang, ia tak langsung istirahat. Namun berkeliling di luar rumah untuk mencari udara segar. Saat melewati rumah korban, timbul niatan buruk menjarah hartanya. 

Awalnya, ia membongkar dan melepaskan ventilasi kamar mandi secara manual. Setelah terlepas, ia masuk ke dalamnya. Dengan mengendap-endap, ia menuju kamar korban yang terbuka. Di dalamnya, ia melihat korban dan anaknya sedang terlelap. Kesempatan itu dimanfaatkannya untuk melepas ponsel dari kabel charger. Kemudian langsung kabur dengan cara sama ia masuk. 

"Korban itu masih kerabat dengan tersangka. Ia membobol jendela dan mengambil HP OPPO A3S," lanjutnya. (Lim)