DIY Editor : Agus Sigit Sabtu, 12 Januari 2019 / 22:11 WIB

MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL

SD Al Azhar Gelar Lomba Gerak Jalan Lingkungan Hidup

SLEMAN, KRJOGJA.com - Rangkaian peringatan Milad ke-13 SD Islam Al Azhar (IA) 31 Yogyakarta diawali dengan lomba gerak jalan ibu-ibu walimurid bertema lingkungan hidup, Sabtu (12/1/2019). Mengenakan kostum unik dengan aksesoris terbuat dari barang bekas, para peserta gerak jalan yang terbagi dalam kelompok (kelas) mengelilingi lingkungan kampus Al Azhar sembari meneriakkan yel-yel.

Ketua BPPH Sekolah Al Azhar Yogyakarta Drs HA Hafidh Asrom MM mengatakan, selain memperingati milad, lomba gerak jalan bertema lingkungan hidup ini juga untuk mendukung SD IA 31 Yogya menjadi sekolah adiwiyata nasional. Menurut Hafidh, setelah juara sekolah adiwiyata tingkat DIY, SD IA 31 tahun ini akan mengikuti lomba sekolah adiwiyata tingkat nasional. "Lomba ini bisa dikatakan sebagai bentuk dukungan dari walimurid mewujudkan SD IA 31 menjadi sekolah adiwiyata nasional," terang Hafidh kepada KRJOGJA.com disela kegiatan di Kampus Al Azhar, Jalan Ringroad Utara, Mlati Sleman.

Menurut Hafidh, para orangtua selalu dilibatkan oleh pihak sekolah untuk medukung kesuksesan pendidikan putera-puterinya. Melalui kegiatan ini, diharapkan orangtua ikut membiasakan budaya mencintai lingkungan kepada anaknya saat di rumah. "Pendidikan adiwiyata sangat penting diberikan sejak dini supaya terbentuk karakter anak yang mencintai kebersihan dan kelestarian lingkungan," ujarnya.

Koordinator kegiatan sekaligus guru kelas IV SD IA 31 Yogya, Armin Suborini mengatakan, lomba gerak jalan diikuti tak kurang 560 ibu-ibu walimurid yang terbagi dalam 28 kelompok (kelas). Adapun penilaian meliputi konstum paling unik dan kreatif memanfaatkan barang bekas, yel-yel terbaik dan peserta terbanyak. Setelah gerak jalan dilanjutkan lomba 'Mom Talent', dimana ibu-ibu berlomba menunjukkan performa terbaiknya di atas panggung.

"Respons ibu-ibu walimurid yang tergabung dalam jam'iyah sangat tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini," kata Rini. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan 'My Team My Family'. Tak hanya para orangtua yang unjuk kebolehan, siswa kelas VI juga menampilkan kreativitasnya di panggung. Acara dimeriahkan dengan stan-stan kuliner. (Dev)