DIY Editor : Agus Sigit Sabtu, 12 Januari 2019 / 21:09 WIB

Aktifitas Merapi Meningkat, BPBD Sleman Siapkan 600 Ribu Masker

SLEMAN, KRJOGJA.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman menyiapkan 600 ribu masker. Hal itu sebagai persiapan dari meningkatkan aktivitas Gunung Merapi dalam beberapa hari terakhir.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan, ratusan ribu masker tersebut sebagian sudah didistribusikan ke desa-desa yang masuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) serta Puskesmas di Wilayah KRB. Sebagian lagi masih tersimpan di gudang Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman.

"Selain di gudang Dinkes, masker juga disiapkan di gudang logistik milik BPBD Sleman. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, masyarakat dapat meminta kepada desa setempat atau puskesmas. Karena sebagian sudah kita distribusikan ke sana," katanya, Sabtu (12/1).

Ratusan ribu masker tersebut diungkapkan Makwan, sebagai upaya mitigasi bencana erupsi Gunung Merapi. Karena di beberapa wilayah di lereng sudah terpantau ada hujan abu, meski dengan intensitas ringan.

Berdasarkan laporan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) DIY, guguran lava pijar terus terjadi dengan jarak luncur yang beragam. Pada Sabtu (12/1) terpantau ada dua kali guguran. Pukul 01.45 WIB dengan jarak luncur 1,7 kilometer berdurasi 122 detik dan mengarahkan ke Kali Gendol. Guguran lava terpantau kembali terjadi pada pukul 02.31 WIB dengan jarak luncur 900 meter berdurasi 52,60 detik dan mengarah ke Kali Gendol.

"Untuk status masih di Level II atau waspada. Masyarakat kami himbau untuk tetap meningkatkan kewaspadaannya terhadap aktivitas Gunung Merapi," imbuh Makwan. (Awh)