DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 12 Januari 2019 / 14:32 WIB

Kenakalan Remaja Perlu Perhatian Serius

YOGYA, KRJOGJA.com - Banyaknya kasus kenakalan remaja membutuhkan perhatian dan penanganan serius. Terlebih dalam beberapa tahun terakhir pemerintah sedang menggencarkan pendidikan karakter yang diharapkan bisa menjadi solusi dari persoalan yang ada, termasuk soal kenakalan remaja. Tentunya semua itu harus diimbangi dengan sikap proaktif dari sekolah, orangtua dan masyarakat.

“Sebenarnya Kemendikbud sudah mengeluarkan pedoman tentang peran keluarga dalam pendampingan pada anak, baik selama belajar di sekolah maupun di rumah. Namun kenyataannya orangtua belum sepenuhnya memperhatikan hal itu, kondisi ini menjadi tantangan bagi kita semua,” kata Anggota Dewan Pendidikan DIY, Timbul Mulyono.

Timbul mengungkapkan, sikap proaktif masyarakat yang didalamnya termasuk orangtua, memiliki kontribusi besar dalam mencegah kenakalan remaja. Salah satunya dengan lebih mengintensifkan komunikasi antara sekolah dan orangtua.

Bahkan supaya optimal perlu dibuat WA grup untuk memantau antar orangtua dan wali kelas. Karena berdasarkan pengalaman yang ada, terjadinya kenakalan remaja biasanya dikarenakan kurangnya perhatian dari orangtua.

“Salah satu langkah untuk meminimalisasi adanya kenakalan remaja adalah keluarga harus ketat mengontrol aktivitas anak-anak. Sehingga jadwal pulang sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan bermain anak bisa lebih mudah dipantau. Dengan begitu kemungkinan mereka terlibat dalam kegiatan yang kurang bermanfaat bisa dicegah,” paparnya.

Lebih lanjut Timbul menambahkan, selain pengawasan dari keluarga sekolah harus meningkatkan kedisiplinan siswa mulai jam masuk, seragam sekolah sampai jadwal ekstrakurikuler. Bahkan supaya hal itu optimal, alangkah baiknya apabila mereka bekerjasama dengan warga di sekitar lingkungan sekolah. (Ria)