DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 12 Januari 2019 / 13:42 WIB

Kontribusi PT Awana dalam Pendidikan Polbangtan Yogyakarta Magelang

YOGYA, KRJOGJA.com - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang (Yoma) bekerjasama dengan PT Awana melakukan  pengembangan Teaching Factory (Tefa), sebuah model pembelajaran yang melibatkan dunia usaha dan dunia industri. Tefa merupakan model pembelajaran yang menempatkan mahasiswa pada kondisi dan situasi kerja sesungguhnya dalam usaha agribisnis.

PT Awana sebagai mitra kerja Polbangtan Yogyakarta Magelang, membudidayakan tanaman hortikultura seperti pepaya dan cabai serta tanaman pangan seperti jagung. Pelaksanaan kerjasama ini dilaksanakan di Kebun Celeban di jalan Kusumanegara no2 Yogyakarta dan Kebun Sempu di Desa Wedomartani Ngemplak Kabupaten Sleman.

Menurut Fathoni, tenaga teknis dari PT Awana, kerja sama ini dibangun atas dasar kebutuhan bersama untuk membangun generasi muda petani millenial. “Harapannya melalui kerjasama ini,  mahasiswa dapat melakukan kegiatan agribisnis dengan baik sesuai dengan standar produksi perusahaan, sehingga mereka akan terbekali seusai menyelesaikan pendidikan nanti dan menjadi agripreneur,” ungkap Fathoni.

Sementara itu, Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang, Dr Rajiman SP MP menyampaikan bahwa MoU dengan PT Awana, akan membuka peluang kepada mahasiswa untuk menambah wawasan dalam bidang agribisnis secara luas. “Praktisi dari PT Awana sebagai dosen industri akan membimbing mahasiswa dalam mengelola agribisnis,” jelas Rajiman yang juga dosen aktif di Polbangtan Yogyakarta Magelang. (*)