Olahraga Editor : Ivan Aditya Sabtu, 12 Januari 2019 / 11:13 WIB

PSIM Berharap Bisa Kembali Gunakan Mandala Krida

YOGYA, KRJOGJA.com - Peresmian Stadion Mandala Krida Kamis (10/1/2019) lalu memberikan harapan baru bagi PSIM Yogyakarta yang berpuluh tahun lalu menjadi pengguna tetap stadion tersebut. Kini Laskar Mataram menanti kepastian dari instansi terkait apakah bisa kembali menggunakan stadion bersejarahnya itu ataukah kembali menjadi ‘musafir’ seperti yang dilakukan tiga musim terakhir.

Manajer PSIM, Erwan Hendarwanto mengaku begitu menyambut baik peresmian Mandala Krida awal tahun 2019 ini. Pasalnya, stadion syarat sejarah bagi PSIM ini begitu dinantikan untuk kembali bisa digunakan dalam menghadapi kompetisi profesional di tanah air.

Walau begitu, diakui Erwan PSIM belum mendapat kepastian dari instansi terkait mengenai boleh tidaknya Stadion Mandala Krida dipakai untuk kompetisi Liga 2 tahun ini. "Kami belum tahu ya, apakah saat kompetisi nanti sudah bisa digunakan, karena infonya baru bisa dipakai saat Porda (Pekan Olahraga Daerah) DIY 2019, Oktober nanti. Kalau PSIM harapannya jelas bisa menggunakan Mandala Krida,” ungkapnya pada wartawan, Sabtu (12/01/2019).

Sementara secara terpisah konsultan rumput Stadion Mandala Krida, Hari Gunawan menjelaskan di bulan Januari ini rumput lapangan sepakbola belum bisa digunakan lantaran pengerjaan baru mencapai 80 persen. Menurut dia, paling tidak membutuhkan dua bulan lagi hingga nantinya rumput bisa tumbuh maksimal dan rata untuk digunakan ajang sepakbola.

"Jadi, pemantapannya kemarin belum maksimal, karena kita selesai perapatan baru sekitar pertengahan Desember 2018, kemudian langsung progresing. Sekarang, kondisinya masih 80 persen, butuh 2 bulan lagi untuk bisa 100 persen,” ungkapnya.

Jika ditilik dari timeline kickoff Liga 2 yang belum menemui titik pasti, kemungkinan besar PSIM bisa menggunakan Mandala Krida sebagai homebase di masa liga. Pasalnya, isyarat operator liga memundurkan kompetisi usai pemilihan presiden April mendatang membuat waktu antara pemaksimalan rumput stadion bisa berjalan tanpa terganggu.

Mandala Krida sendiri saat ini menggunakan rumput Zoyzia Matrella Linn Merr yang diklaim salah satu terbaik di dunia yang berstandar FIFA. Namun begitu perawatan rumput ini harus benar-benar menjadi perhatian lantaran tidak sedikit stadion di Indonesia yang kembali menjadi buruk kualitasnya karena tak mendapatkan perawatan seperti semestinya. (Fxh)