Jateng Editor : Ivan Aditya Sabtu, 12 Januari 2019 / 09:33 WIB

Warga Seloprojo Gelar Kenduri di Jalan

MAGELANG, KRJOGJA.com - Mensyukuri selesainya penataan areal wisata di komplek Air Terjun Sumuran di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, warga desa melakukna kenduri di jalan masuk kampung Jumat (11/01/2019). Puluhan ingkung ayam dijajar bersama aneka masakan khas setempat, kuluban sayur, tempe goreng, aneka jenang dan lainnya. Dalam kenduri kemarin, juga dihadiri anggota Komisi V DPR RI, Ir Sudjadi, dan Kasubdit Perencanaan Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti serta Camat Ngablak, Budi Hariyanto.

Kepala Desa Seloprojo, Haji Nurdi menyatakan, dengan dibangunnya areal parkir di obyek wisata Air Terjun Sumuran. Maka dengan areal parkir yang bagus dan memadahi, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan alam air terjun tersebut. "Kini, kunjungan wisatawan mengalami kenaikan," ujarnya.

Kunjungan wisatawan ke air terjun Sumuran yang mempunyai ketinggian sekitar 100 meter tersebut, mencapai 300 orang per bulan, dengan tiket masuk obyek wisata Rp 4.000 per orang,  parkir 2.000 dan Jasa Raharja Rp 500. Air terjun Sumuran, terus dikembangkan untuk perluasan areal parkir untuk kendaraan roda empat.

Selesainya pembangunan penataan ini, tambah Diana, diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung. Karena dengan areal parkir memadahi, tentu dapat mendorong perekonomian masyarakat sekitar.

“Harapannya, dapat meningkatkan ekonomi nasyarajat desa, dan tentunya warga harus dapat mengelola dengan baik, yang dampaknya sangat positif, sehingga menguntungkan," imbuhnya.

Rencananya selain parkir sepeda motor, dikembangkan untuk areal parkir mobil. Bahkan warga sepakat, ateal parkir mobil menggunakan tanah milik desa, termasuk melebarkan akses jalan masuk ke obyek air terjun.

"Dukungan warga menjadi modal utama, terutama  semangat setelah dibangun kini kunjungan mulai rami, sehingga dapat menumbuhkan ekonomi warga," ungkapnya.

Sementara Anggota DPR RI, Ir Sudjadi menyatakan, bantuan lahan parkir obyek wisata air Terjun Sumuran untuk mobil yang diusulkan dalam anggaran tahun 2019. "Usulannya, ya parkir dulu untuk akses mobil, sepanjang arealnya tidak ada masalah," pungkasnya. (Bag)