Olahraga Agregasi    Sabtu, 12 Januari 2019 / 05:44 WIB

Kagum Lihat Tottenham, Solskjaer Sanjung Pochettino

LONDON, KRJOGJA.com – Pelatih caretaker Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, melayangkan pujian kepada juru taktik Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino. Solskjaer menilai Pochettino sebagai pelatih jempolan yang kaya akan taktik.

Pochettino memang mampu meningkatkan performa The Lilywhites –julukan Tottenham– secara signifikan, semenjak kedatangannya pada musim panas 2014. Pelatih asal Argentina itu menyulap Tottenham menjadi kandidat kuat juara Liga Inggris di hampir setiap musim.

Benar, Pochettino belum pernah menghadirkan trofi bagi Tottenham. Akan tetapi, setidaknya pelatih 46 tahun itu telah mengangkat derajat Tottenham, klub yang sebelum kedatangan Pochettino lebih banyak berkutat di papan tengah.

Tidak sampai di situ, Pochettino juga dikenal sanggup menggali bakat-bakat dari pesepakbola muda. Pochettino adalah pelatih pertama yang berani memberi kepercayaan lebih kepada Harry Kane.

Terbukti, Kane kini muncul sebagai salah satu penyerang terbaik dunia. Status itu bisa dilihat dari kesuksesan Kane keluar sebagai top skor Liga Inggris 2015-2016 dan 2016-2017, serta Piala Dunia 2018.

“Pochettino telah melakukan pekerjaan yang luar biasa. Ia adalah salah satu pelatih terbaik di dunia. Meski begitu, pekerjaan saya bukan untuk menilai pelatih lain. Fokus saya ialah kepada diri saya sendiri dan juga tim,” kata Solskjaer mengutip dari Mirror, Jumat (11/1/2019).

Pada Minggu 13 Januari 2019 malam WIB, Pochettino dan Solskjaer akan beradu taktik. Hal itu saat Tottenham menjamu Man United di pekan ke-22 Liga Inggris 2018-2019. (*)