Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Jumat, 11 Januari 2019 / 18:10 WIB

Lima Balon Rektor UNS Ditetapkan, Ini Mereka

SOLO, KRJOGJA.com - Senat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jumat (11/1/2019), secara resmi menetapkan 5 bakal calon rektor masa bakti 2019-2023. Lima balon rektor ditetapkan dalam sidang pleno senat, setelah melalui tahapan verifikasi yang dilakukan panitia dan biro hukum Kemenristekdikti.

"Rapat senat yang dilangsungkan tadi dengan agenda penetapan dan pengumuman nama bakal calon," jelas Prof Dr Suntoro MS, Ketua Senat UNS didampingi ketua panitia Prof Drs Sahid Teguh Widodo MHum PhD serta Sekretaris Dr Mohammad Jamin MHum.

Lima balon yang masing-masing Prof Dr Jamal Wiwoho SH MHum, kemudian Prof Dr Mohammad Furqon Hidaytullah MPd, Prof Muhammad Nizam ST MT PhD, Prof Drs Sutarno MSc PhD dan Prof Dr Widodo Muktiyo SE MCom. Dari lima nama itu akan dilakukan penyaringan menjadi tiga pada 6 Februari mendatang.

"Sebelum memasuki tahapan penyaringan oleh anggota senat secara tertutup, masing - masing bakal calon akan menyampaikan visi misi secara terbuka di depan civitas akademika di auditorium," tambah Prof Sahid. Dari tiga nama akan dipilih satu nama calon rektor pada pertengahan Maret 2019.

Sebelum dilakukan pemilihan senat akan menawarkan kemungkinan adanya musyawarah mufakat. Jika  tidak terjadi titik temu akan dilangsungkan pemungutan suara dengan komposisi seluruh anggota senat 132 orang (65 persen) dan 35 persen suara Menristekdikti.

"Kami tentu akan menawarkan kemungkinan adanya musyawarah mufakat," tutur Prof Suntoro.(Qom)