Peristiwa Editor : Ivan Aditya Jumat, 11 Januari 2019 / 17:35 WIB

Amerika Segera Tinggalkan Suriah

AMERIKA, KRJOGJA.com - Pasukan Amerika Serikat di Suriah sebagian mulai kemas-kemas peralatan, setelah Presiden Donald Trump memutuskan menarik seluruh pasukan dari medan perang pada Desember 2018. Hal ini menjadi tanda lobi-lobi kepada Trump untuk mengurungkan keputusannya mundur dari Suriah tidak berhasil.

"Saya mengkonfirmasi memang ada pemindahan peralatan dari Suriah. Karena alasan keamanan, saya tidak bisa memberikan informasi yang lebih rinci," kata sumber di Angkatan Bersenjata AS.

Sumber itu juga tidak menjelaskan dari daerah mana saja peralatan militer itu diangkut dari Suriah. Meski demikian belum ada tanda-tanda penarikan pasukan dari negara itu. Meski demikian, Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton menyatakan akan tetap memastikan keamanan seluruh pasukan.

Dia juga ingin memberi jaminan kepada Trump kalau kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) harus dipastikan benar-benar sudah tumbang. "Kami akan mendiskusikan soal penarikan pasukan dengan presiden dari sebelah timur laut Suriah. Kami harus memastikan ISIS sudah kalah dan tidak menjadi ancaman," kata Bolton di sela-sela pertemuan dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. (*)