Olahraga Editor : Danar Widiyanto Jumat, 11 Januari 2019 / 18:30 WIB

Taekwondo Instiper I Siap Dibuka Besok

SLEMAN, KRJOGJA.com - Kejuaraan taekwondo yang melibatkan taekwondoin pelajar, mahasiswa dan umum  se-Jawa (DIY, Jateng, Jatim dan Jabar, minus DKI Jakarta) 1st Instiper Taekwondo Championship 2019 siap digelar di Graha Instiper, Jalan Nangka, Maguwoharjo, Sleman, mulai Sabtu (12/1/2019) pukul 11.00 hingga Minggu (13/1/2019). Direncanakan dibuka Rektor Instiper Yogyakarta, Purwadi MS.

“Dalam event yang pertama kali ini dihelat, akan diikuti sebanyak 500 atlet, terdiri pelajar, mahasiswa dan umum. Selama kejuaraan berlangsung akan dipimpin sebanyak 29 wasit. Para peserta ini Jumat (11/1/2019) telah melakukan technical meeting (TM) guna membahas peraturan pertandingan terbaru dan drawing lot atlet,” ujar Agus  Herdadi SP MMA selaku penanggungjawab kejuaraan sekaligus Pelatih  Kepala UKM Taekwondo Instiper kepada KRJOGJA.com di Sleman.

“Dari 500 atlet yang ikut serta dalam kejuaraan taekwondo terbuka (Open Tournament) Instiper I ini, paling banyak pesertanya  dari  pihak tuan rumah, Instiper.  Event ini mempertandingkan kategori poomsae (perorangan battle) pemula dan prestasi. Selanjutnya kategori kyorugi (pertarungan)  pemula dan prestasi yang terdiri dari pra kadet, kadet, junior dan senior. Juga ada kategori demonstrasi antardojang yang dibatasi hanya 20 dojang,” papar Agus Herdadi.

“Untuk sistem pertandingan  poomsae perorangan , battle (sistem gugur), kyorugi (sistem gugur) dan kategori demonstarsi sistem rangking  atau poin,” terang Agus Herdadi.

Lebih lanjut dikatakan Agus, event ini dimanajemen secara mandiri oleh UKM Taekwondo Instiper Yogyakarta kerja sama dengan Satria Martial Arts, didukung  Pengkab Taekwondo Indonesia (TI) Sleman , Pengda TI DIY serta didukung pihak Kampus Instiper Yogyakarta.(Rar)