DIY Editor : Ivan Aditya Jumat, 11 Januari 2019 / 15:31 WIB

77 Siswa SDK Wirobrajan I Ikut Kemah Penggalang

SLEMAN, KRJOGJA.com - Sebanyak 77 siswa Kelas V SD Kanisius Wirobrajan 1 Yogyakarta antusias ikut Kemah Penggalang di Agromina Wisata Karangasri Purwobinangun Pakem Sleman, Jumat-Sabtu (11-12/01/2019). Acara juga diikuti 53 siswa Kelas VI untuk dilantik menjadi Penggalang Ramu.

"Usai upacara pembukaan dan pelantikan penggalang ramu, maka siswa Kelas VI langsung pulang. Sedangkan siswa penggalang atau kelas V ikut kemah ini," tutur Kepala SD Kanisius Wirobrajan 1 Yogyakarta Ernawati disela kemah, Jumat (11/01/2019).

Menurutnya, tujuan lain dari kemah ini agar siswa bisa belajar hidup mandiri, disiplin, tanggungjawab, kerjasama dan saling peduli dengan temannya. Disamping itu juga sebagai syarat untuk menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU).

"Biasanya kebutuhan anak-anak ini semua sudah disiapkan oleh orangtua, misalnya makan dan pakaian. Tetapi dengan ikut kemah, siswa harus bisa mendiri. Tentu kemah ini juga menjadi pengalaman bermakna dan tak terlupakan bagi hidup mereka," tandas Erna.

Bagi salah satu peserta kemah, Rafaela Vashti Ariane, sesi yang paling dinanti-nanti peserta kemah yakni memasak. Dimulai dari menanak nasi, sayur sop hingga menggoreng lauk jadi hal yang wajib dilakukan para peserta. (Adk)