DIY Editor : Ivan Aditya Jumat, 11 Januari 2019 / 14:40 WIB

Lima Satwa Dilindungi Gagal Diperdagangkan

BANTUL, KRJOGJA.com - Polisi menggagalkan transaksi jual beli satwa yang dilindungi di Bantul. Dalam kasus itu tiga orang asal Jateng sudah diamankan di Polres Bantul untuk menjalani pemeriksaan. Petugas menyita sejumlah barang bukti di antaranya burung merak, mambruk, anak kanguru, burung kasuari serta tupai.

Kanit IV Reskrim Sat Reskrim Polres Bantul, Iptu Mahardian Dewo Negoro SIK MH mengatakan, pengungkapan kasus jual beli satwa yang diduga dilindungi ini bermula dari informasi masyarakat tentang adanya transaksi jual beli burung senilai ratusan juta di Bantul. Informasi tersebut lantas ditindaklanjuti dengan menggali informasi di lapangan.

Dari informasi tersebut diketahui, pihak yang bisa menyediakan aneka burung itu berasal dari Jateng. Petugas kemudian melakukan pengintaian kendaraan pelaku di Ring Road Selatan Sewon Bantul.

Selanjutnya sekitar pukul 14.00 petugas mencurigai mobil warna putih melintasi Jalan Parangtritis. Setelah dilakukan penggeledahan ditemukan aneka burung di dalam mobil itu. "Barang bukti langsung kami bawa ke Polres Bantul bersama tiga orang yang sekarang ini masih kami periksa," ujarnya.

Iptu Mahardian mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk mengetahui satwa mana yang dilindungi dan tidak sesuai peraturan. Jika satwa yang disita ternyata tidak masuk yang dilindungi akan dikembalikan ke pemiliknya. "Tetapi yang masuk satwa dilindungi diserahkan ke BKSDA," ujarnya. (Roy)