DIY Editor : Ivan Aditya Jumat, 11 Januari 2019 / 14:13 WIB

Investor Lirik Bantul Kembangkan Usaha

BANTUL, KRJOGJA.com - Investor mulai melirik Kabupaten Bantul sebagai wilayah untuk mendirikan apartemen. Namun tingginya animo pemodal untuk mengembangkan usahanya di Bantul masih terkendala payung hukum yang belum memungkinkan investor merambah bisnis apartemen di Bantul. Padahal Kabupaten Bantul yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Yogya punya prospek menjanjikan.

”Memang iya soal payung hukum ini menjadi kendalanya. Padahal sudah banyak investor melirik Kabupaten Bantul sebagai lokasi pengembangan usahanya,” ujar Ketua Komisi C DPRD Bantul Wildan Nafis SE.

Wildan tidak menampik, sekarang ini Pemda Bantul hanya memiliki Perda Rusunawa. Sehingga ketika jangka panjangnya untuk memberikan payung hukum bagi investor di bidang pembangunan apartemen maka harus ada penambahan aturan di Perda Rusunawa.

Menurut politisi PAN ini, tidak perlu membuat perda baru lagi, cukup ditambahkan aturan mengenai rumah susun atau apartemen dalam perda yang sudah ada. Sejauh ini, Komisi C bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait tengah membahas draf tambahan aturan rumah susun atau apartemen dalam Perda Rusunawa yang sudah ada.

Artinya, hanya menambah saja, tidak perlu membuat perda baru khusus rumah susun atau apartemen. Adanya payung hukum bagi investor di bidang apartemen, diharapkan bakal mampu menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar apartemen. Misalnya bisa mengurangi pengangguran, termasuk pajak bisa masuk ke Pemda. (Roy)