Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 11 Januari 2019 / 14:26 WIB

Dibutuhkan, Badan Riset Pembangunan Nasional

JAKARTA, KRJOGJA.com - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa konsep pembangunan nasional membutuhkan riset, teknologi, dan inovasi. Karena itu ia  meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun lembaga tersebut.

"Ini cara satu satunya dengan membumikan Pancasila dalam politik pembangunan dengan baik, terukur, dan mencakup segala aspek. Saya tegaskan dan saya tugaskan, terutama kader partai di legislatif, eksekutif, saya tugaskan menjalankan visi-misi pembangunan yang disusun partai," tegas Megawati dalam pidato politiknya di HUT ke-46 PDIP di Jakarta, Kamis (10/1/2019). 

Visi-misi pembangunan itu, menurutnya, sudah disusun dalam Rakernas PDIP pada Februari 2018, yang diberi nama 'Pembangunan Nasional  Berdiri di atas Kaki Sendiri'. Inilah konsep pembangunan membumikan Pancasila dalam bidang kehidupan maupun mental. 

Konsep ini, menuryut Megawati, merupakan suatu cetak biru agar Indonesia dapat menjadi negara industri maju, yang menempatkan rakyat sebagai subyek sekaligus tujuan dalam pembangunan nasional. Dengan demikian, jelas dibutuhkan satu Badan Riset dan Inovasi Nasional yang hasil kerjanya harus menjadi landasan bagi setiap pengambilan keputusan program pembangunan. 

"Saya tidak akan pernah bosan mengingatkan, tidak ada satu negara pun dapat menjadi negara maju, tanpa mengedepankan riset ilmu pengetahuan dan teknologi, serta inovasinya. Ini yang sedang saya perjuangkan bersama Pak Jokowi," jelas Megawati.

Tentu saja, lanjutnya, perjuangan ini akan menemukan jalannya, jika PDIP menang kembali dan Jokowi pun terpilih kembali sebagai Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Umum, 17 April 2019. (Ful)