Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 11 Januari 2019 / 10:39 WIB

Benteng Pendem Ditemukan di Tambang Bapangsari

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Benteng pendem ditemukan di lokasi tambang Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Bangunan berbentuk kubus itu diduga pos pengintai yang dibangun tentara Kekaisaran Jepang pada akhir Perang Dunia II.

Benteng secara tidak sengaja ditemukan pekerja PT SBP di lokasi tambang perusahaan tersebut. Benteng terpendam di dalam bukit setinggi kurang lebih delapan meter. "Operator eksvatator menggali lapukan andesit, tiba-tiba sekop alat berat mengenai konstruksi yang tertanam dalam tanah. Kami sama sekali tidak tahu ada bangunan di dalam bukit itu, sebelumnya memang tidak terlihat atau teramati tanda-tandanya," tutur pekerja tambang PT SBP Nanang, kepada KRJOGJA.com, Kamis (10/1).

Operator melanjutkan penggalian di sekitar bangunan itu dan tidak menggeser posisi benteng. Pekerja juga menjalankan instruksi mandor tambang untuk tidak menghancurkan bangunan diduga kuno itu. Pekerja menduga benteng itu peninggalan Jepang karena adanya aksara kanji yang tertulis pada dinding benteng. Terdapat satu pintu dan dua lubang pengintai pada bangunan berukuran panjang empat meter, lebar tiga meter dan tinggi dua meter itu. 
  
Salah satu jendela pengintai mengarah ke pesisir pantai selatan Jawa. Kendati demikian, belum diketahui isi benteng karena bagian dalamnya tertutup tanah, batu dan akar.

Humas PT SBP Teguh membenarkan adanya penemuan tersebut. Menurutnya, pekerja tidak sengaja menemukan benteng tersebut. "Tetapi begitu ada laporan kami perintahkan pekerja untuk tidak menggali lokasi penemuan dan merusak benteng itu," tandasnya.(Jas)