Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Jumat, 11 Januari 2019 / 08:10 WIB

Sinyal Misterius di Galaksi Terjauh Terditeksi, Dari Alien?

PARA astronom telah mengungkap detail sinyal misterius berupa ledakan yang berasal dari galaksi paling jauh. Awalnya sinyal ini ditangkap oleh teleskop di Kanada.

Sifat dan asal ledakan gelombang radio itu belum diketahui. Ada 13 ledakan yang dikenal sebagai FRB berupa sinyal berulang yang sangat tidak biasa. Sinyal ini berasal dari sumber yang sama sekitar 1,5 miliar tahun cahaya.

Peristiwa semacam itu hanya pernah dilaporkan satu kali sebelumnya dengan teleskop yang berbeda. “Mengetahui bahwa ada yang lain, ini menunjukkan bahwa mungkin ada lebih banyak di luar sana,” kata Ingrid Stairs, seorang astrofisika dari University of British Columbia (UBC).

“Dengan lebih banyak sinyal pengulang dan sumber yang tersedia untuk dipelajari, kita mungkin dapat memahami teka-teki kosmik ini – dari mana mereka berasal dan apa yang menyebabkannya,” terangnya.

Diketahui, sinyal misterius itu terlihat di Observatorium CHIME yang terletak di Lembah Okanagan British Columbia, Kanada. Observatorium ini terdiri dari empat antena semi-silinder sepanjang 100 meter yang dapat memantau seluruh langit setiap hari. Teleskop itu baru beroperasi tahun lalu. Penelitian ini pun kini telah dipublikasikan di jurnal Nature.

Sebagai informasi, FRB adalah gelombang pendek dan terang dari gelombang radio yang tampak di hampir separuh jagad raya. Sejauh ini, para ilmuwan telah mendeteksi sekitar 60 ledakan radio cepat tunggal dan dua yang berulang. Mereka percaya mungkin ada sebanyak seribu FRB di langit setiap hari.

Ada sejumlah teori tentang sebab FRB muncul. Antara lain termasuk bintang neutron dengan medan magnet yang sangat kuat yang berputar sangat cepat, dua bintang neutron bergabung bersama, serta beberapa berbentuk pesawat ruang angkasa alien.(*)