DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 10 Januari 2019 / 20:49 WIB

Jalur KA Menuju NYIA Mulai Disiapkan

YOGYA, KRJOGJA.com - Akses menuju bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon Kulonprogo dapat ditempuh via kereta api maupun jalan darat yang siap digunakan pada April 2019 mendatang. Akses jalur kereta api menuju bandara untuk sementara akan menggunakan Stasiun Wojo sambil menunggu dibangunnya jalur di Stasiun Kedundang Baru dan akses jalan disiapkan dua jalur alternatif yang sangat memadai dari arah Kota Yogyakarta.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulmafendi mengatakan rencana pembangunan jalur kereta api menuju bandara NYIA akan menggunakan Stasiun Kedundang Baru yang hanya berjarak 5,3 Km dari bandara baru tersebut. Tahapan pembangunan jalur kereta api bandara NYIA tahun ini difokuskan pada proses pengadaan tanah, kontruksi emplasemen Stasiun Kedundang dan track Stasiun Bandara serta rehabilitasi Stasiun Wojo.

“Pelayanan kereta api bandara NYIA dengan shuttle bus untuk sementara di Stasiun Wojo pada April 2019 sembari menunggu pembangunan jalur kereta di Stasiun Kedundang yang permanen sebagai stasiun operasi bandara. Waktu tempuh dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Stasion Wojo mencapai 45 menit kemudian dari Stasiun Wojo menuju bandara NYIAhanya 10 menit menggunan shuttle bus,” tutur Zulmafendi di Yogyakarta.

Zulmafendi menyampaikan pihaknya menargetkan akan menyelesaikan pembangunan prasarana dan sarana, uji coba dan operasional jalur kereta api bandara dari Stasiun Kedundang tersebut pada 2020. Sehingga sembari menunggu tahapan pembangunan jalur kereta api permanen menuju bandara baru di Stasiun Kedundang maka sementara menggunakan jalur kereta api via Stasiun Wojo tersebut mulai April 2019.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUPESDM) DIY Bambang Sugaib menjelaskan terkait dengan penyediaan akses jalan khususnya dari Kota Yogyakarta menuju bandara baru di Temon Kulonprogo terdapat dua akses jalan utama yang bisa digunakan. Akses jalan utama yang pertama dapat menggunakan Jalan Yogyakarta Wates-Toyan-Temon yang secara keseluruhan berstatus Jalan Nasional. Selanjutnya akses jalan utama kedua dari Kota Yogyakarta-Bantul- Srandakan- BrosotToyan-Temon yang berstatus Jalan Provinsi dan Jalan Nasional.

“Pemda DIY menyiapkan akses jalan menuju bandara baru dengan lebar memadai kurang lebih 11 meter dan sepanjang 8 Km hingga akhir 2018 lalu. Kedua akses jalan alternatif menuju bandara baru tersebut sudah siap digunakan pada April 2019,” tandas Bambang Sugaib.

Bambang Sugaib menambahkan pihaknya hanya akan meningkatkan lebar jalan di ruas jalan BrosotToyan sepanjang 13,5 Km dari yang semula 5,5 meter menjadi lebar standar 7,5 meter sepanjang 8,5 Km. Sedangkan pelebaran jalan sisanya sepanjang 5 Km akan diupayakan penyelesaiannya paling lambat tahun depan. Kehadiran bandara NYIA ini tetap dibuatkan jalan yang fungsional berupa terowongan atau underpass. (Ira)