Jateng Editor : Ivan Aditya Kamis, 10 Januari 2019 / 15:50 WIB

Desa Wisata Purworejo Kian Menggeliat

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Pembangunan pariwisata berbasis masyarakat di Kabupaten Purworejo terus menggeliat. Menyusul semangat mereka dalam berlomba mengembangkan objek wisata (Obwis) yang ada di desa dengan segala fasilitas. Termasuk home stay bagi para wisatawan.

“Hanya saja mungkin di Purworejo berbeda dengan daerah lain, dimana home stay merupakan rumah yang sengaja dikosongkan untuk disewakan. Namun di Purworejo masih banyak yang berbaur dengan keluarga,” kata Ipong pelaku desa wisata dari Kecamatan Grabag Purworejo, Kamis (10/01/2018).

Dalam rapat koordinasi (Rakor) kegiatan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) tahun 2019 yang berlangsung di Gedung Wanita Jend Achmad Yani Purworejo, terungkap bahwa desa-desa yang memiliki Obwis berharap akan peningkatan pengunjung di wilayahnya yang menyediakan berbagai obwis. Terutama obwis alam.

Kegiatan yang melibatkan unsur kecamatan ini sekaligus menggagas upaya desa untuk memajukan obwis yang selama ini dikelola oleh desa masing-masing. Mereka meyakini jika obwis desa dikelola dengan baik dan professional, tentu akan banyak wisatawan yang datang di desanya. Sehingga masyarakat juga berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik, termasuk home stay. “Home stay ini setiap tahun juga perlu dievaluasi,” tambah Arif, pelaku wisata dari Kecamatan Bruno.

Di desanya kata Arif, kini sudah ada sekitar delapan home stay. Namun terkait dengan program Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) yang akan menggelar event Bruno Jazz, pihaknya diminta untuk menyediakan 60-an mohe stay lagi.

Disamping itu, pelaku wisata di Purworejo juga masih membutuhkan pemandu wisata agar bisa ikut mempromosikan obwis dan menggiringnya ke lokasi. (Nar)