Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 09 Januari 2019 / 15:11 WIB

Pengamanan Pemilu 2019, KPU Gandeng Polres Sukoharjo

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Penandatanganan nota kesepakatan dan perjanjian kerjasama pengamanan Pemilu 2019 dilakukan Polres dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo. Kerjasama dilakukan mengingat pelaksanaan pesta demokrasi akan digelar April mendatang. Aparat menjamin keamanan masyarakat saat menggunakan hak pilih.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Rabu (9/1) mengatakan, perhelatan pesta demokrasi membawa nuansa berbeda di semua daerah tidak terkecuali di Sukoharjo. Maksudnya yakni kemungkinan naiknya suhu politik seiring pelaksanaan pemilu. Massa pendukung calon legislatif dan partai politik perlu mendapatkan sosialisasi dan wajib menjaga kondusifitas bersama. Mereka tidak boleh terpancing dengan melakukan perusakan dan menyebakan kerusuhan.

Pelaksanaan pemilu juga berdampak pada semua segmen kehidupan masyarakat di Sukoharjo. Seperti pernah terjadi pada pelaksanaan pemilu 2014 dimana penyelenggaraan pesta pemilu harus disiapkan secara matang. 

"Penandatanganan ini menjadi kunci pokok menjaga pelaksanaan pemilu 2019 agar dapat berjalan lancar, damai dan sukses," ujarnya.

Kapolres menegaskan, sebelum dilakukan penandatanganan kerjasama dengan KPU Sukoharjo sudah melakukan sejumlah langkah pengamanan internal. Salah satunya dengan pelaksanaan pemantauan disemua wilayah. Selain itu juga pemetaan berkaitan dengan tingkat kerawanan.

Langkah tersebut dilakukan Polres Sukoharjo karena pemilu 2019 nanti sangat berbeda pelaksanaanya dibanding pesta demokrasi sebelumnya. Hal itu dilihat dari materi surat suara yang sangat banyak dan berukuran besar.

"Potensi kerawanan yang akan muncul saat pelaksanaan pemilu 2019 sudah nyata riil di lapangan. Semisal surat suara ukurannya sangat besar dan itu harus diantisipasi agar saat pelaksanaanya tidak sampai menyebabkan masalah dengan menggelar simulasi," lanjutnya. (Mam)