DIY Editor : Agus Sigit Rabu, 09 Januari 2019 / 12:44 WIB

Jogja Punya 'Aksi 9119', Lawan Klitih!

YOGYA, KRJOGJA.com – Ribuan Warga Yogyakarta menggelar aksi jogja damai 9119 Rabu (9/1/2019) sebagai bentuk keprihatinan krimialitas 'Klitih' yang terjadi dijalanan Yogyakarta. Aksi dimulai di Alun-alun Utara dan dilanjutkan melakukan jalan kaki ke Kantor Gubernur DIY.

Koordinator pelaksana, Suryoaji mengatakan aksi ini diikuti oleh 1000 orang yg berasal dari berbagai lapisan masyarakat, ia mengatakan aksi ini sebagai bentuk menolak kekerasan yang terjadi di jalanan  dan Ia berharap pemerintah dapat memberantas aksi kejahatan jalanan.

“kurang lebih yg ikut aksi ini ada 1000 orang. Kita menolak aksi kekerasan yang terjadi dijalanan,” ujarnya.

Suryo menegaskan jika para pelaku kejahatan jalanan harus diberikan sanksi sosial supaya pelaku jera, yang kebanyakan pelaku adalah remaja. “Harus ada sanksi sosial yang diberikan kepada pelaku kejahatan biar ada efek jeranya, kalo dipenjara tidak ada efek jeranya,” terangnya.

Sementara itu Kapolsek Gondomanan Kompol N. Lotama mendukung acara aksi jogja damai 9119 ini. Karena aksi ini merupakan untuk kepentingan keamanan masyarakat banyak. “kita sangat mendukung aksi damai seperti ini karena untuk kepentingan keamanan masyarakat banyak. Apabila masyarakat ingin membantu tugas kepolisian mengenai kejahatan dijalan, masyarakat cukup memberikan informasi jika terjadi kejahatan dijalan atau Klithih, “ tuturnya. (Rizki Oktavian)