Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 09 Januari 2019 / 00:31 WIB

Sehari Dua Rumah Terbakar, Damkar Ingatkan Warga untuk Waspada

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Dalam sehari terjadi dua peristiwa kebakaran di Kabupaten Purworejo, Selasa (8/1/2019). Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. 

Kasi Damkar Kantor Satpol PP dan Damkar Purworejo, Sumaji mengatakan, musim hujan tidak berarti risiko kebakaran menurun. "Ternyata peristiwa kebakaran masih terjadi, malah sehari ini dua kejadian," ucapnya kepada KRJOGJA.com. 

Menurutnya, peristiwa tersebut rata-rata disebabkan hubungan arus pendek listrik. "Biasanya karena alat listrik sudah usang, atau kurang kencang sehingga muncul bunga api," tuturnya. 

Peristiwa kebakaran pada Selasa siang terjadi di Desa Sumbersari Kecamatan Purwodadi dan Desa Tanjungrejo Kecamatan Bayan. Korban kebakaran di Sumbersari adalah Suratman, sedangkan di Tanjungrejo menimpa rumah milik Zaenal Arifin. 

Dua peristiwa tersebut juga diduga akibat korsleting listrik. Peristiwa di Tanjungrejo berhasil ditangani petugas pemadam, sedangkan di Sumbersari oleh warga. "Kerugian di dua lokasi tersebut totalnya Rp 75 juta," katanya. 

Sumaji mengingatkan masyarakat untuk mencegah kebakaran dengan memperhatikan kondisi rumah. "Jangan sampai stop kontak sampai bertumpuk-tumpuk, atau matikan alat elektronik saat akan meninggalkan rumah," tandasnya.(Jas)