Jateng Editor : Danar Widiyanto Selasa, 08 Januari 2019 / 20:10 WIB

Ditinggal ke Sawah, Rumah Suratman Ludes Terbakar

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Rumah Suratman di Desa Sumbersari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, ludes terbakar Selasa (8/1/2018). Api melalap bangunan itu diduga akibat hubungan arus pendek listrik. 

Musibah terjadi ketika korban meninggalkan rumahnya beraktivitas di sawah. Api diduga bersumber dari stop kontak lemari pendingin di dalam salah satu kamar rumah itu. "Saat kejadian sekitar pukul 10.00, ada tetangga yang melihat asap membumbung di atap rumah korban," ujar Kadus I Sumbersari, Suparmo, kepada KRJOGJA.com. 

Tetangga mencoba masuk rumah yang tidak dikunci pemiliknya itu. Saksi meminta tolong kepada warga sekitar.  

Mereka berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. "Kami ambil air dari saluran irigasi di depan rumah korban. Bahkan karena orangnya sedikit, kami sampai mencegat warga yang kebetulan sedang lewat untuk membantu memadamkan api," paparnya. 

Korban sendiri pulang ke rumah sekitar pukul 10.30 dan api sudah berhasil dipadamkan. "Saya pulang, api sudah padam. Untung warga cepat bertindak, sehingga rumah tidak sampai habis terbakar," ungkap Suratman. 

Suratman dan keluarganya sementara mengungsi ke rumah kerabat. Akibat kejadian itu, Suratman menderita kerugian kurang lebih Rp 25 juta.(Jas)