Jateng Editor : Agus Sigit Selasa, 08 Januari 2019 / 19:32 WIB

Dua Tersangka Asusila Anak Bawah Umur Diamankan

PURBALINGGA, KRjogja.com - Polres Purbalingga menangkap Rasimin (21) warga Desa Kaliori, Kecamatan Karanganyar dan Kholidin (46) warga Desa Karangturi, Kecamatan Mrebet. Keduanya diduga melakukan perbuatan asusila terhadap anak di bawah umur dengan korban yang berbeda akhir pekan lalu.

Rasimin melakukan tindak asusila terhadap Bu (14) warga Kecamatan Bojongsari hingga sembilan kali sejak 31 Desember 2018 hingga 3 Januari 2019. Sedangkan Kholidin melakukan tindakan tidak senonoh itu kepada Me (11), tetangganya pelaku.

"Tersangka Rasimin diamankan oleh keluarga korban setelah selama empat hari membawa korban tidur di rumah tersangka," tutur Kapolres Purbalingga, AKBP Kholilur Rochman dalam siaran persnya, Selasa (8/1/2019).

Kholilur menambahkan, sebelumnya, korban dan tersangka saling mengenal. Pada malam tahun baru, tersangka menjemput korban dan mengajaknya jalan-jalan.

Bukannya mengantar pulang, tersangka membawa korban ke rumahnya. Selama empat hari korban berada di rumah tersangka dan selama itu pula tersangka mencabuli korban hingga sembilan kali.

Orang tua  Bu berhasil melacak keberadaan anaknya dan memaksa pulang. Orang tua Bu juga memaksa tersangka ikut dan selanjutnya diserahkan ke polisi.

Sementara, tersangka Kholidin diduga berbuat asusila pada Me yang masih tetangganya. Pada Sabtu pagi (15/12/2018), Korban dipanggil pelaku dan disuruh masuk ke rumah sambil memberikan sejumlah uang. Di dalam kamar, pelaku menyetubuhi korban yang merupakan teman bermain anaknya.

"Kasus ini terungkap setelah orang tua korban curiga dengan anaknya yang tingkah lakunya tidak seperti hari-hari biasa," ujar Kapolres.

Setelah didesak orang tua, korban mengungkapkan kejadian yang dialaminya. Orang tua korban lalu meapor ke polisi.

Kedua tersangka kini mendekam di sel tahanan Mapolres Purbalingga. Masing-masing dijerat dengan Pasal 81 ayat 1 UU RI Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas UU RI Nomor 223 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, dan Pasal 287 ayat 1 KUHP tentang persetubuhan di bawah umur. 

Khusus tersangka Rasimin diberi tambahan pasal 332 ayat 1 huruf ke-1 kuhp tentang melarikan perempuan di bawah umur. Mereka terancam hukuman penjara maksimal 15 tahun," tutur Kholilur. (Rus)