DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 08 Januari 2019 / 13:57 WIB

Perpustakaan Kota Yogya Buka Hingga Jam 03.30 WIB

YOGYA, KRJOGJA.com - Memasuki tahun 2019 perpustakaan daerah Kota Yogya resmi membuka layanan hingga 20 jam. Peningkatan layanan tersebut merupakan masukan dari pengunjung, terutama yang menikmati layanan internet gratis.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Yogya Wahyu Hendratmoko, menjelaskan pihaknya sempat membuat daftar masukan kepada pengunjung untuk peningkatan layanan.

“Mayoritas menghendaki supaya jam buka perpustakaan bisa lebih lama. Setelah kami pertimbangkan sumber daya yang ada, maka kami putuskan untuk buka hingga 20 jam, yakni sejak pukul 07.30 hingga 03.30 WIB dinihari,” jelasnya.

Durasi layanan hingga 20 jam tersebut tidak hanya berlaku di perpustakaan induk Jalan Suroto, melainkan juga perpustakaan alternatif di Jalan Mayjend Sutoyo. Akan tetapi, tidak semua jenis layanan dibuka hingga 20 jam. Khusus untuk layanan sirkulasi seperti peminjaman dan pengembalian koleksi buku, dilayani hingga pukul 24.00 WIB. Selebihnya hingga pukul 03.30 WIB, pengunjung tetap bisa menikmati layanan internet gratis serta koleksi majalah yang berada di area selasar.

Wahyu mengatakan, jam buka perpustakaan daerah hingga 20 jam juga dimaksudkan untuk memperkuat nuansa pendidikan. Apalagi Yogya selama ini sudah dikenal dengan kota pendidikan serta mayoritas yang mengakses perpustakaan ialah kalangan pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah.

“Mungkin di Yogya ini baru satu-satunya perpustakaan di Indonesia yang membuka hingga 20 jam. Harapan kami semakin mendorong tingkat literasi serta meningkatkan kepercayaan orangtua dari luar daerah yang menyekolahkan anaknya di sini,” urainya.

Kendati layanan diberikan hingga di luar jam kerja, namun Wahyu menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung tetap terjaga. Pihaknya pun menerapkan sistem shift untuk petugas jaga maupun cleaning service.

“Dulu sempat ingin kami buka hingga 24 jam, namun yang mengakses selepas subuh hampir tidak ada. Sehingga waktunya kami gunakan untuk maintenance saja,” tandasnya. (Dhi)