Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 08 Januari 2019 / 12:09 WIB

UTBK 2019, Pansel Terima 2.500 Komputer

SOLO, KRJOGJA.com - Tahun ini Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Lokal Solo mendapatkan jatah 2.500 komputer untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Untuk memenuhi kuota ini panitia akan bekerjasama dengan sejumlah sekolah di Kota Solo baik
SMA maupun SMK.

"Komputer dari sejumlah sekolah kami harapkan bisa terkumpul 2.000 unit. Sementara dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo ada sekitar 400 komputer,” jelas Prof Sutarno MSc PhD,  ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Solo, Senin (07/01).

Wakil rektor 1 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ini menjelaskan mulai tahun ini diterapkan sistem baru. Sebelum mendaftarkan diri, peserta wajib mengikuti tes di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Hasil tes digunakan untuk mendaftar SBMPTN di perguruan tinggi yang diinginkan.

“Setiap pendaftar diberi kesempatan dua kali tes," kata Prof Sutarno. Panitia Solo akan selenggarakan 12 kali dalam waktu 12 hari. Setiap hari dibuka dua shift, setiap Sabtu dan Minggu. Sehingga pendaftar bisa memilih waktu. Jadwal telah dibuat mulai Maret mendatang.

Menurut Sutarno, pendaftar bisa memilih nilai hasil tes yang akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN. Usai mengetahui hasil tes, pendaftar akan menerima semacam sertifikat yang berisi nilai. Dengan hasil nilai tersebut pendaftar bisa memilih dua program studi. “Keduanya bisa di perguruan tinggi yang sama. Atau berbeda."

Disebutkan, tingkat kesulitan soal berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sistem baru ini menerapkan soal higher order thinking skills (HOTS). Prof Sutarno berencana mengundang semua kepala sekolah SMA/SMK untuk sosialisasi terkait sistem baru pada 22 Januari. (Qom)