Jateng Editor : Agus Sigit Senin, 07 Januari 2019 / 23:33 WIB

Lesus Sapu Cilacap Selatan, 9 Rumah Rusak

CILACAP, KRJOGJA.com -  Sebanyak tujuh rumah milik warga RT 04 RW O8 Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap mengalami rusak-rusak akibat tersapu angin ribut atau lesus atau puting beliung, saat wilayah pesisir Selatan Cilacap diguyur hujan lebat disertasi angin kencang, Senin (07 /01/2019). 

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, karena hanya atap rumah warga,  uang sebagian besar menggunakan asbes beterbangan tersapu angin ribut," ujar Kepala Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy. 

Namun demikian pihaknya tengah mengupayakan agar para korban yang rumahnya rusak-rusak untuk mendapatkan bantuan material bangunan. Sedang untuk bantuan bahan makanan untuk mereka yang bekerja bakti telah dilakukan pengedropan oleh UPT BPBD Cilacap Kota. 

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan, Wilayah Cilacap, terutama bagian utara masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang  hingga lebat dengan disertai kilat/petir dan angin kencang. Pola angin di selatan wilayah Indonesia umumnya bergerak dari arah barat daya ke barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Menurutnya, peningkatan kecepatan angin tersebut berpotensi memicu terjadinya gelombang tinggi di wilayah perairan selatan Jateng-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jateng-DIY. Kondisi itu diperkirakan akang berlangsung hingga 9 Januari 2019. (Otu)