Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 07 Januari 2019 / 16:10 WIB

Gelorakan Pengawasan Pemilu, 250 Orang Turun ke Jalan

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sekitar 250 orang dari jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Mafindo, didukung Kesbangpol, dan Polres Purworejo melakukan aksi turun jalan dalam berpartisipasi sekaligus sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif di Kabupaten Purworejo.

Aksi ini bergerak dari Kantor Kesbangpol di Jalan Mayjend Sutoyo menyusuri jalanan di tengah kegiatan car free day (CFD) pada, Minggu (6/1/2019), menyusuri jalur seputar Alun-alun besar Purworejo sambil menggelorakan semangat pengawasan Pemilu partisipatif.

"Pengawasan partisipatif ini merupakan grand desain Bawaslu untuk menjadikan masyarakat sebagai subyek Pemilu. Masyarakat kita dorong agar terlibat langsung dalam pelaksanaan Pemilu, khususnya di bidang pengawasan," Kata Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq.

Aksi ini sempat menarik perhatian ribuan warga Purworejo yang sedang melakukan aktifitas CFD. Sepanjang rute, peserta aksi membagikan poster dan stiker yang intinya mengajak masyarakat untuk ikut terlibat langsung dalam kegiatan pengawasan pemilu 2019.

Melalui kegiatan ini menurut Nur Kholiq, diharapkan virus pengawasan bisa disebarkan, sehingga masyarakat bisa ikut mengawasi tahapan Pemilu di lingkungan masing-masing. "Kami mendorong masyarakat untuk aktif melaporkan apabila menjumpai pelanggaran Pemilu,” jelasnya.(Nar)