DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 07 Januari 2019 / 11:43 WIB

Kerugian Kebakaran Senopati Tembus Rp 2 Miliar

YOGYA, KRJOGJA.com - Kebakaran hebat menimpa 50-an kios Pedagang Kaki Lima (PKL) di Taman Parkir Senopati Minggu (6/1/2019) malam pukul 22.30 WIB. Isi kios-kios yang didominasi pakaian, aksesoris dan makanan habis terbakar si jago merah yang diduga berasal dari arus pendek listrik. 

Edi Riyanto, salah satu pedagang yang ditemui KRjogja.com mengungkap ia mendapat kabar kebakaran sesaat setelah tiba di rumah pukul 22.30 WIB. Sesaat ia lantas kembali ke Senopati dan mendapati dua los kiosnya habis dilalap api. 

“Kalau rugi saya sekitar Rp 35-40 juta karena stok barang banyak habis liburan akhir tahun kemarin. Posisi sudah tutup semalam dan api cepat menyebar, ya tidak bisa berbuat apa-apa,” ungkapnya Senin (7/1/2019) pagi. 

Sementara Wagimin, Wakil Ketua Komunitas PKL Senopati menyebut kerugian para pedagang beranekaragam antara Rp 15 juta hingga Rp 100 juta. Apabila terdapat 50 kios dengan kerugian pedagang dirata-rata Rp 50 juta maka diprediksi kerugian total mencapai lebih dari Rp 2 miliar. 

“Total ada 50-60an kios di sini, rata-rata berjualan pakaian, aksesoris serta makanan dan minuman. Kerugiannya macam-macam antara Rp 15 juta sampai Rp 100 juta ada,” tandasnya. 

Kebakaran yang terjadi semalam juga menghanguskan sebuah mobil Inova milik wisatawan serta satu unit motor yang berada di dalam kios. Kebakaran sendiri diduga terjadi akibat hubungan arus pendek listrik di salah satu kios di mana api langsung menyebar dan menghabiskan satu blok kios yang didominasi penjual pakaian. (Fxh)