Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 07 Januari 2019 / 03:10 WIB

Dipasang Speedcam, Pelanggar Batas Kecepatan Otomatis Kena Tilang

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Jalur Solo - Semarang di ruas Boyolali - Solo saat ini sudah dipasangi kamera pengukur kecepatan atau speedcam. Seluruh kendaraan bermotor yang melintas diatas kecepatan maksimal, yakni 80 km/jam, otomatis akan terkena tilang.  

Kapolres Boyolali, AKBP Kusumo Wahyu Bintoro, melalui Kasatlantas AKP Febriyani Aer, akhir pekan lalu menjelaskan, pemasangan speedcam tersebut merupakan bagian dari program Kakorlantas yang nantinya akan terintegrasi secara luas. Untuk wilayah Jawa Tengah, speedcam yang sudah terpasang diantaranya yakni di jalur utama Boyolali - Solo, dimana jalur tersebut merupakan jalur prioritas. Terlebih dengan kontur jalan yang lurus, cukup banyak kendaraan yang kecepatannya melebihi batas maksimal. Sudah ada dua kamera terpasang di jalur tersebut, tepatnya di wilayah Banyudono. 

"Di UU dijelaskan batas kecepatan maksimal 80 km/jam. Namun di jalur ini banyak yang melebihi batas maksimal hingga 100 km/jam," katanya. 

Cara kerjanya, sambung Febriyani, kamera yang beroperasi 24 jam tersebut akan merekam tiap kendaran yang melintas. Bila ada kendaraan melaju di atas 80 km/jam, secara otomatis kendaraan tersebut terindentifikasi dan secara otomatis masuk database pelanggar untuk dikenai tilang saat pembayaran pajak kendaraan. Speedcam tersebut akan merekam semua kecepatan dan pelanggaran kecepatan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat, kecuali sepeda kayuh. 

"Nanti semua jalur utama di Jateng akan dipasang alat ini yang programnya terkoneksi secara nasional, namun operatornya ada di Polda," jelasnya.

Sembari menunggu pemasangan speedcam secara menyeluruh di semua jalur utama, saat ini program tersebut terus disosialisasikan. Tentu dengan harapan, kepatuhan pengendara di jalan raya meningkat agar tak melampaui batas kecepatan maksimal. Sehingga bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas. (Gal)