Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 06 Januari 2019 / 16:27 WIB

Moratorium Toko Modern Berakhir, Masih Tunggu Kebijakan Bupati

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Moratorium izin toko modern berakhir pada akhir 2018 namun masih menunggu kebijakan dari Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya. Selama 2019 ini tercatat ada 38 toko modern yang izin usahanya akan habis dan terancam tutup apabila moratorim jadi diperpanjang. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo Agustinus Setiyono, Minggu (6/1) mengatakan, berkaitan dengan kebijakan moratorium pemberian izin terhadap toko modern apakah sudah selesai sampai akhir 2018 atau akan diperpanjang pada tahun 2019 sepenuhnya bergantung pada bupati. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo sampai sekarang masih menunggu kebijakan pimpinan. 

Dia menjelaskan oratorium izin toko modern sudah diterapkan sejak sekitar 2016 dan berakhir pada 2018. Setelah berakhir Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo akan melaporkannya ke bupati. Hal itu penting karena berkaitan dengan kebijakan mengingat pada tahun 2019 ada banyak toko modern izin usahanya habis. 

“Bila dihitung sejak diterapkan moratorium dua tahun lalu sudah ada puluhan toko modern tutup karena izin usahanya habis dan tidak bisa diperpanjang. Sedangkan tahun 2019 ini ada 38 toko modern izin usahanya habis. Apabila moratorium masih berlaku karena diperpanjang maka toko modern itu wajib tutup,” ujarnya. 

Sebanyak 38 toko modern yang izin usahanya habis pada tahun 2019 ini merupakan pendirikan tahun 2014 lalu. Izin usaha toko modern dikeluarkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo dan hanya berlaku selama lima tahun. Selanjutnya wajib melakukan perpanjangan izin. 

“Untuk 38 toko modern itu kami belum bisa bicara banyak karena menunggu kebijakan bupati berkaitan dengan pemberian izin karena memang izin usahanya habis setelah moratorium berakhir di 2018 kemarin. Apakah nanti bila izin habis bisa diperpanjang atau tidak kami belum tahu,” lanjutnya. 

Agustinus menegaskan, untuk toko modern yang izin usahanya sudah habis pada 2018 lalu tetap wajib tutup. Sebab dipastikan toko modern tersebut tidak mendapatkan perpanjangan izin usaha karena ada moratorium. (Mam)