Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 06 Januari 2019 / 09:50 WIB

Rakernas Kemenristekdikti 2019 Lahirkan Tujuh Fokus Rekomendasi

SEMARANG,KRJOGJA.com- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenristekdikti 2019 resmi ditutup Menristekdikti Mohamad Nasir di Gedung Soedarto kampus Universitas Diponegoro Semarang, Jumat sore (4/1/2019).
 
Rakernas melahirkan 7 rekomendasi bagi pengembangan riset, teknologi dan pendidikan tinggi Indonesia di Era Disrupsi.
 
Menurut Menristekdikti, 7 fokus rekomendasi meliputi bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kelembagaan Iptek dan Dikti, Sumber Daya Iptek dan Dikti, Riset dan Pengembangan, Inovasi, Reformasi Birokrasi dan Pengawasan Internal. Dirinya berharap rekomendasi bisa dijalankan dengan baik dalam  Revolusi Industri 4.0.
 
Adapun rekomendasi di bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan di antaranya penyesuaian sistem dan kurikulum yang diintegrasikan dengan sistem pembelajaran online ataupun blended learning tanpa menambah SKS, penyiapan kebutuhan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki kompetensi dan kemampuan kerja dan sikap kerja dengan pemberian sertifikasi, peningkatan prestasi kemahasiswaan, dan pemberian pengalaman profesional. 
 
Sedangkan rekomendasi bidang kelembagaan Iptek dan Dikti di antaranya perguruan tinggi harus melakukan penyesuaian Prodi dan Kurikulum dengan mengintegrasikan literasi baru untuk merespon Revolusi Industri 4.0, penyiapan diri menyambut beroperasinya perguruan tinggi luar negeri dan untuk perguruan tinggi vokasi agar membuat rencana revitalisasi yang detil dan komprehensif, pengimplementasian program MEME, pembukaan prodi baru kekinian sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan industri. (Sgi/Ati)