DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 05 Januari 2019 / 12:57 WIB

Kadin DIY Rintis Aplikasi Digital

YOGYA, KRJOGJA.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY tengah merintis pemberdayaan dan pembinaan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menggunakan aplikasi digital. Aplikasi digital berupa sebuah portal hybrid yang akan diluncurkan tahun ini tersebut siap memfasilitasi berbagai kebutuhan UMKM DIY agar meningkatkan potensi dan kemampuan kapasitas hingga mampu sustain memasuki era industri 4.0.

Wakil Ketua Umum Bidang Industri Kreatif Kadin DIY Eddy Purjanto mengatakan, pendampingan yang diberikan kepada pelaku UMKM di DIY masih banyak dalam ranah analog atau nondigital. Hal itu mendorong Kadin DIY untuk menghadirkan aplikasi hybrid pendampingan baik online dan offline bagi UMKM DIY.

“Dalam konteks pendampingan tersebutlah, kami akan menyiapkan UMKM di DIY agar mudah mendapatkan akses digital, akses keuangan dan sebagainya. Hasil dari UMKM DIY yang sudah dibina dan diberikan pendampingan menggunakan aplikasi digital tersebut tetap akan dibantu diarahkan kepada pasar-pasar potensial maupun pasar-pasar nontradisional, baik secara digital maupun nondigital hingga mampu sustain,” tutur Eddy di Yogyakarta.

Menurutnya, kelemahan pelaku UMKM di DIY selama ini adalah sustainabilitas atau menjaga kebersinambungan dalam hal produksi dan pola pendampingan yang terbatas pada program-progran konvensional. Dengan adanya digitalisasi UMKM di DIY ini, pihaknya sekaligus bisa memetakan database UMKM DIY yang sebenarnya.

Kadin DIY akan merealisasikan dan mendorong pelaku aplikasi digital yang bersinergi langsung dengan UMKM untuk melahirkan portal bernama UMKMJogja. (Ira)