DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 05 Januari 2019 / 12:11 WIB

Lima Menit Jokowi Hadiri Dhaup Ageng

YOGYA, KRJOGJA.com - Presiden Joko Widodo menghadiri acara Dhaup Ageng Pura Pakualaman, Sabtu (05/01/2019) siang. Tak lebih dari lima menit, Jokowi yang hadir bersama Ibu Negara Iriana langsung meninggalkan Bangsa Sewatama Pura Pakualaman.

Presiden Jokowi tampak mengenakan pakaian resmi dengan setelan jas berwarna biru. Sementara ibu negara mengenakan kebaya berwarna oranye dan tampil cukup anggun kali ini.

Jokowi hadir menggunakan mobil langsung masuk ke area Pura Pakualaman, berbeda dari undangan lain yang harus masuk berjalan kaki dari pintu utama. Kedatangannya disambut tuan rumah sekaligus empunya gawe, KGPAA Paku Alam X bersama istri GKBRAy Paku Alam.

Tak lama, Presiden langsung memasuki Bangsal Sewatama dimana kedua pengantin dan orangtua pengantin putri telah menanti. Ia sempat bersalaman dengan pengantin dan mengabadikan foto dengan mempelai dan para orangtua.

Jokowi sempat pula bersalaman dengan undangan yang hadir di Bangsal Sewatama. Tampak pula Mensesneg Pratikno, Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang terus mendampingi sejak awal juga kerabat kerajaan Kraton Yogyakarta dan Surakarta. Hadir juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga anggota DPR RI H Idham Samawi.

Sebelum meninggalkan Pura Pakualaman, Presiden Jokowi sempat menyampaikan ucapan pada kedua pengantin. “Ya, nderek bingah, ikut berbahagia pada kedua mempelai semoga mereka berdua bisa membina keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah,” ungkapnya.

Bagi Presiden, pernikahan yang terselenggara di Pura Pakualaman memuat sebuah tradisi menarik yang harus terus dilestarikan. “Ini perkawinan sangat sakral di tempat sangat sakral,” pungkas Jokowi. (Fxh)