Olahraga Agregasi    Jumat, 04 Januari 2019 / 15:50 WIB

Liverpool Kalah, Klopp Kena Kutukan Bulan Januari

MANCHESTER, KRJOGJA.com – Liverpool takluk 1-2 dari Manchester City dalam lanjutan pekan ke-21 Liga Inggris 2018-2019, Jumat (4/1/2019) dini hari WIB. Kekalahan tersebut sedikit mengejutkan, mengingat Liverpool sedang dalam tren positif dengan selalu menang dalam sembilan laga terkini Liga Inggris, termasuk mengalahkan Manchester United 3-1 dan Arsenal 5-1.

Akan tetapi, jika melihat catatan Jurgen Klopp bersama Liverpool di sepanjang Januari, tidak mengherankan pada akhirnya The Reds –julukan Liverpool– mengalami kekalahan. Sebab, Klopp kerap kali gagal memberikan hasil positif tiap kali mengarungi bulan pertama di kalender masehi tersebut bersama Liverpool.

Semenjak ditunjuk sebagai pelatih Liverpool pada Oktober 2015, Klopp 35 kali mengalami kekalahan. Sebanyak 10 di antaranya didapat pada Januari!

Sepanjang Januari, Klopp melewati 25 pertandingan bersama Liverpool. Jumlah kekalahan (10) lebih banyak ketimbang kemenangan atau hasil imbang. Dari 25 pertandingan sepanjang Januari, Liverpool racikan Klopp mengemas 8 menang, 7 imbang dan 10 kalah.

Pada Januari 2019 ini, masih ada empat pertandingan yang dijalani Klopp bersama Liverpool. Sebanyak tiga pertandingan tergelar di ajang Liga Inggris, dan satu sisanya di Piala FA.

Karena itu, hasil maksimal wajib diraih Klopp di sisa Januari ini. Selain menjaga kans juara Liverpool, kemenangan penting untuk memperbaiki catatan buruk pelatih asal Jerman itu pada Januari. (*)