Jateng Editor : Ivan Aditya Kamis, 03 Januari 2019 / 20:24 WIB

Perusakan Makam Ternyata Juga Terjadi di Beberapa TPU

MAGELANG, KRJOGJA.com - Tidak hanya di komplek TPU Giriloyo Kota Magelang, makam yang rusak juga ditemukan di komplek TPU Kiringan dan TPU Malangan yang ada di wilayah Kelurahan Tidar Utara Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang. Makam-makam tersebut ditemukan dalam kondisi rusak dan terdapat bekas yang sama dengan TKP yang ada di komplek TPU Giriloyo.

Kapolres Magelang Kota AKBP Kritanto Yoga Darmawan mengatakn, jajarannya menerima laporan dari masyarakat tentang perusakan makam yang ada di TPU Kiringan dan TPU Malangan. Laporan ini langsung ditindaklanjuti dan dilakukan olah TKP di komplek TPU Kiringan dan ditemukan ada 8 makam yang rusak serta di TPU Malangan ada 1 makam.

Dari 8 makam yang rusak di komplek TPU Kiringan, 6 makam merupakan makam umat Kristiani dan 2 makam merupakan makam umat Muslim. "Kesemua makam ini dalam kondisi rusak dan terdapat bekas yang sama dengan TKP di TPU Giriloyo," kata kapolres.

Sumarno (48) salah satu warga mengatakan beberapa makam di TPU Kiringan diketahui rusak pada Minggu (30/12/2018) lalu. Selang dua hari kemudian pada dinihari sekitar pukul 00.30 WIB terjadi di komplek TPU Malangan. Pada saat itu terdengar suara seperti orang memukul menggunakan palu.

Sumarno pun keluar rumah bersama anaknya, untuk mencari sumber suara tersebut. Diketahui ada seorang laki-laki berpostur tubuh agak kecil, dan sempat ditanya. Setelah itu lelaki tersebut berjalan agak cepat ke arah selatan. Beberapa warga saat itu juga sempat melakukan pencarian, tetapi tidak berhasil menemukan. (Tha)