Jateng Editor : Ivan Aditya Kamis, 03 Januari 2019 / 19:44 WIB

Bobol Konter HP untuk Bayar Utang Nikah

KUDUS, KRJOGJA.com - Tim Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Kudus membekuk Mukhlis Mubarok (24) tersangka pembobol konter handphone (HP)  Zull Cell di Desa Besito Kecamatan Gebog Kudus. Warga Desa Getasrabi Gebog itu menjual barang curian secara online di media sosial. Aksi kejahatan dilakukan karena tersangka terhimpit utang yang digunakan untuk biaya nikah setahun lalu.

Kapolres Kudus AKBP Saptono didampingi Kasat Reskrim AKP Rismanto dalam gelar barang bukti, Kamis (03/01/2019) menghadirkan tersangka berikut barang bukti. Dihadapan kapolres, tersangka mengaku tindakan itu dilakukan karena terdesak setelah ditagih utang oleh kerabatnya yang dipinjamnya.

“Saya utang Rp 10 juta untuk biaya nikah. Uang hasil curian rencana untuk membayar utang,” ujar tersangka.

Aksi pembobolan dilakukan setelah dirinya menunggu 30 menit sampai konter Zull Cell yang menjadi target sepi. Tersangka memanjat pagar dan kemudian menjebol plafon untuk menuju ke ruang penyimpanan HP. Sedikitnya 11 HP kelas menengah berbagai merek berhasil disikat.

Selain telepon selular, uang sebesar Rp 500 ribu yang disimpan di tempat itu juga diembat. “Baru empat HP laku terjual secara online dengan harga di bawah pasaran,” terangnya.

Kapolres AKBP Saptono menyatakan, tersangka dan barang bukti yang belum terjual berhasil diamankan. Atas tindakannya itu, tersangka terancam dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukumannya 15 tahun penjara. “Proses penyidikan masih berlangsung,” ungkapnya. (Trq)