Jateng Editor : Danar Widiyanto Kamis, 03 Januari 2019 / 19:51 WIB

Polisi Buru Pelaku, Makam yang Dirusak Segera Diperbaiki

MAGELANG, KRJOGJA.com - Rusaknya beberapa makam di komplek TPU Giriloyo Magelang memperoleh perhatian Pemerintah Kota Magelang. Bahkan Pemerintah Kota Magelang juga berencana memasang lampu penerang di beberapa titik, agar di malam hari suasana di TPU Giriloyo tidak gelap.

Baca Juga: Makam di TPU Giriloyo Dirusak, Polisi Buru Pelaku

Pj Sekda Kota Magelang Sumartono SE MM, Kapolsek Magelang Selatan Kompol M Chairul Anwar, Plt Kesbang dan Linmas Kota Magelang Drs Suryantoro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang Mahbub Yani Arfian maupun lainnya melakukan pemantauan beberapa makam yang rusak, Kamis (3/1/2019). 

"Tidak hanya dilakukan pemantauan, tetapi juga dilakukan perbaikan atau recovery. Bagi yang bisa diperbaiki, akan langsung diperbaiki. Namun ada juga yang harus dipesan karena dari batu nisan," ujar Sumartono. 

Meskipun hujan sempat mengguyur komplek makam, langkah perbaikan tetap dilakukan. Batu nisan yang dipesan segera dipasang manakala sudah jadi pesanannya. Rusaknya beberapa makam ini hingga Kamis kemarin masih dalam proses penyelidikan jajaran Kepolisian.

Kapolsek Magelang Selatan membenarkan hingga Kamis proses penyelidikan masih terus dilakukan, masyarakat diminta untuk tidak terpancing atau terprovokasi dengan adanya kejadian di komplek TPU Giriloyo Magelang ini, tidak dikaitkan dengan SARA maupun lainnya. Masyarakat diminta tetap tenang dan tenteram, dan persoalan ini diserahkan saja ke Kepolisian.

Olah TKP sudah dilakukan, Rabu (2/1/2018) lalu, dan melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi. Karena pelaku belum diketahui, motifnya juga belum diketahui. Dikatakan, komplek TPU Giriloyo Magelang ini cukup luas, sekitar 16,8 Ha. Pagar tembok yang mengelilingi komplek makam juga tidak terlalu tinggi. 

Kapolsek Magelang Selatan berharap adanya CCTV dipasang di komplek makam ini. Hingga Kamis belum ada pihak keluarga yang lapor, baik ke Polsek Magelang Selatan maupun Polres Magelang Kota.(Tha)