Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 02 Januari 2019 / 18:27 WIB

Pemkab Banyumas Buka 'Mal Pelayanan Publik'

PURWOKERTO, KRJOGJA.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Rabu (2/1/2019) membuka Mal Pelayanan Publik (MPP), yang berlokasi di Jalan dr  Angka, Purwokerto. 

"MPP  merupakan tempat pelayanan publik terpadu dengan 102 jenis layanan, dari dinas terkait dan vertikal," kata Kordinator MPP yang juga  Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Perizinan Satu Pintu (DPMPPTSP) Kabupaten Banyumas, Herni Sulasti, SH MH, Rabu (2/1/2019).

Menurutnya MPP yang merupakan pertama di Jawa Tengah ini, dengan  tujuan untuk memberikan pelayanan kepada masayarakat  yang efisien,  mudah murah dan aman, yang dilayani dalam  satu gedung. Sehinga masyarakat tidak perlu kemana-mana dapat dilayanan di Mal ini. Pelayaan  ini selaras dengan penunjukan oleh Kementrian PAR RB.

Dalam MPP ini ada 7 Instansi verttikal, gerai Jateng dan 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten yang memberi pelayanan  antara lain Polres Banyumas, Kantor Imigrasi, BP3TKI Jateng, PBJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Pelayanan Pajak dan Bank Jateng. "Selain itu 10 Dinas Daerah dan Gerai Jateng yang juga memberi pelayanan. Total SKPD ada 17, pelayanan perijinan pemerintah daerah sudah masuk kesini, dan semua pelayanan ada 102 jenis pelayanan,”  ungkap Herni.

Sigit Prasetyo (43) warga Desa Ledug, Kembaran, menyambut baik dengan dibukanya pelayanan publik dalam satu gedung, karena saat pengurusan dokumen tidak harus kemana mana, dari satu instansi ke instansi lain. " Disini sdah lengkap, misalnya saya akan mengurus IMB disini sudah ada  Diperkim dan langsung dilanjut ke DPMPPTSP," kata Sigit. (Dri)