DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 02 Januari 2019 / 12:48 WIB

Mandala Krida Kini Miliki Lintasan Atletik Berstandar Internasional

YOGYA, KRJOGJA.com - Stadion Mandala Krida berubah total. Tidak hanya bentuk, tetapi kualitas dari fasilitas yang disediakan memenuhi standar tinggi. Termasuk fasilitas lintasan atletik yang siap digunakan untuk kejuaraan nasional maupun tingkat dunia.

Menurut Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY, Edy Wahyudi mengungkapkan, hasil renovasi Stadion Mandala Krida direncanakan akan diresmikan pada awal Januari ini. Stadion megah dengan kapasitas 30-40 ribu penonton ini, tidak hanya terdapat lapangan sepakbola dan atletik pada bangunan utama, juga dilengkapi fasilitas olahraga dari cabang lainnya di dalam lingkup lahan stadion, yakni panjat tebing, voli pasir dan basket.

Untuk cabang sepakbola, penggunaan masih menunggu sempurnanya rumput yang tumbuh. Namun saat Porda, pada Oktober mendatang, ditargetkan sudah bisa digunakan. Dijelaskan, Pemda antusias untuk melengkapi fasilitas stadion dengan lintasan atletik berstandar internasional.

Langkah tersebut agar prestasi para atlet atletik DIY bisa lebih maju dan mampu meraih prestasi tertinggi. Di samping dapat membuka peluang diselenggarakannya event kejuaraan nasional maupun internasional di Yogyakarta.

Bukti telah memenuhi standar internasional, dari seritifikat yang diperoleh dari Internasional Association of Atletic Federations (IAAF). Untuk fasilitas cabang atletik, selain dilengkapi nomor lari jarak pendek dan jarak jauh, juga dilengkapi fasilitas untuk nomornomor lompat dan lempar.

“Kami mendapatkan sertifikat untuk standar 2. Tingkatan ini sudah termasuk tinggi, karena dapat menggelar kejuaraan internasional. Yang tidak bisa hanya untuk Olimpiade. Untuk mendapatkan standar 1, harus punya lintasan lain yang mendukung. Ke depan, tidak menutup kemungkinan, lintasan pendukung diwujudkan,” ujar Edy.

Menurut Edy, peresmian menunggu jadwal waktu Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X. Informasi yang Edy peroleh, kemungkinan peresmian akan dilaksanakan tanggal 10 atau 11 Januari 2019 mendatang. Setelah peresmian, sekaligus dilaksanakan kegiatan Kejuaraan Atletik BPD DIY Championships, yang akan mempertandingkan sejumlah nomor atletik. Lomba yang digelar untuk keempat kalinya ini, sebelumnya dilaksanakan di Stadion UNY.

“Untuk kali keempat, karena Pemda DIY telah memiliki lintasan atletik sendiri, maka menggunakan lintasan baru,” ungkap Edy saat meninjau fasilitas Stadion Mandala Krida Baru bersama tim Bank BPD DIY dan Protokol Pemda DIY.

Ketua Harian Pengda Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) DIY, Bambang Dewanjaya menyambut baik perhatian Pemda DIY terhadap cabang atletik. Selama ini, DIY kekurangan lintasan atletik yang sesuai standar, sehingga untuk mengukur rekor atlet, tidak bisa menunjukkan kemampuan sesungguhnya. Apalagi fasilitasnya berstandar internasional.

“Sejauh ini, sudah banyak atlet DIY, baik usia muda maupun senior yang mewakili Indonesia dalam kejuaraan internasional,” ujar Bambang yang merupakan mantan atlet SEAGames.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada BPD DIY yang terus memberikan suport. Diharapkan ke depan, PASI dapat menggelar kejuaraan atletik secara rutin, setiap tahun. Sehingga memunculkan atlet baru potensial dan juga meraih prestasi nasional maupun internasional. (Jon)