DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 02 Januari 2019 / 10:17 WIB

Yudha and The Remora, Ajak Anak ke ‘Pantai’

SLEMAN, KRJOGJA.com - Setelah tak lagi aktif bersama Jasmine Akustik, Yudha Kristiawan tak lantas undur diri dari blantika musik. Vokalis bersuara cukup empuk ini kini memulai perualangan bermusik sesuai passion dengan membentuk Yudha and The Remora (YTR).

YTR yang mengambil tema ramah anak dan keluarga ini memang menaruh perhatian pada sedikitnya lagu anak yang mengedukasi belakangan ini. Tak ingin main-main, YTR secara resmi merilis album yang diberi judul Ayo Ke Pantai.

Peluncuran album yang berisi empat lagu yakni Ayo Ke Pantai, Lumba lumba, Terumbu Karang dan Kandang Sapi ini dilakukan secara sederhana di sebuah kafe kawasan Jalan Gejayan Selasa (01/01/2019). Sebelumnya pukul 00.00 WIB YTR merilisnya di akun instagram resmi sekaligus menandai pergantian tahun.

Yudha sempat mengungkap ide memproduksi lagu bertema anak dan keluarga mulai muncul sekitar tiga tahun lalu. Kala itu Yudha merasa kesulitan memilihkan lagu yang tepat untuk putri kecilnya, Senja El Noya karena tak banyak pilihan lagu anak.

“Sebenarnya banyak yang sudah memulai membuat konten-konten karya yang ramah anak. YTR hanya bagian kecil saja yang fokus di konten yang ramah anak anak. Dan lagu menjadi salah satu yang paling memungkinkan sementara ini kami buat. Ke depan mungkin bakal meluas tak hanya lagu saja, bisa jadi permainan atau film," ungkapnya di sela peluncuran.

Dua rilisan fisik album Ayo Ke Pantai dilaunching secara bersamaan dalam bentuk CD Audio dan Flashdisk. Dalam bentuk CD Audio, album ini dilengkapi dengan hard copy lembar lirik dengan art work masing masing lagu.

“Dalam bentuk flashdisk, selain file empat lagu berformat MP3 juga dilengkapi dengan file lirik lagu, file video klip Ayo Ke Pantai dan profile YTR sapaan akrab Yudha and The Remora. Harapnnya, kami bisa mengisi konten lagu yang ramah anak dan mengedukasi,” sambungnya.

Peluncuran album perdana YTR ini menandai petualangan baru Project band yang awalnya diinisiasi oleh Yudha Kristiawan(vokal, ukulele), Akky Anam (vokal, gitar, DJ), Fredy Agus Wicaksono (vokal, drum). Dalam perjalanannya, Thomas Enggal yang sebelumnya menjadi additional pemain bass, akhirnya bergabung menjadi personel tetap.

"Mimpi kami adalah berpetualang ke 1.000 sekolah di seluruh Indonesia, tak hanya sekolah formal, sekolah jalanan, sekolah apa saja yang selama itu mendukung konten-konten yang ramah untuk anak dan keluarga. Sejak Oktober lalu kami sudah memulai petualangan #1000 sekolah ke beberapa sekolah di Yogyakarta," imbuh Akky.

Album ini sendiri terwujud atas dukungan banyak pihak, di antaranya Maulana yang membantu Yudha sebagai Music Director juga Ameng seorang perupa muda yang membuat art work lagu lagu YTR dan Dede yang membuat logo YTR. “Kalau ada yang ingin pesan album bisa melalui DM ke akun instagram yudhaandtheremora,” pungkas Akky. (Fxh)