Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 01 Januari 2019 / 14:25 WIB

2019, Subsidi KA Ekonomi Rp2,37 Triliun

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretapian menaikkan besaran subsidi alias Public Servie Obligation (PSO) untuk pelayanan kereta api kelas ekonomi 2019. 

Kenaikan ini ditandai dengan ditandatanganinya kontrak PSO antara Direktorat Jenderal Perkeretaapian dengan PT KAI (Persero). Adapun penadatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan, pada tahun ini besaran subsidi yang disalurkan pemerintah untuk kereta api ekonomi adalah sebesar Rp2,37 triliun. Angka tersebut mengalami kenaikan sekitar 4,5% dibandingkan tahun 2018 yang hanya Rp2,27 triliun.

"Tahun 2019 kita mengalami peningkatan sebesar 4,5%. Pemberian subsidi melalui PSO ini merupakan tanggung jawab serta pelayanan pemerintah," ujarnya dalam acara penandatanganan nota kontrak PSO di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (31/12/2018).

Menurut Zulfikri, ada beberapa perubahan peruntukan pada dana PSO tahun 2019 ini. Sebab pada PSO tahun 2019 ini akan difokuskan pada pemberian subsidi bagi kereta jarak dekat.

Adapun dana yang dialokasikan untuk kereta jarak dekat adalah sebesar Rp2 triliun. Sedangkan Rp3 miliar akan digunakan untuk subsidi kereta jarak jauh. (*)