DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 27 Desember 2018 / 15:36 WIB

SD AL AZHAR BANTUL LIBATKAN SISWA

Bentuk Karakter Siswa Melalui Car Free Day

BANTUL, KRJOGJA.com - SD Islam Al Azhar 38 Bantul terus mengenalkan pembentukan karakter kepada peserta didiknya melalui kegiatan di luar ruang. Salah satunya melibatkan para siswa dan orangtua siswa dalam kegiatan Car Free Day (CFD) yang difasilitasi Pemkab Bantul di depan Plaza Pasar Bantul, 16 Desember lalu.

Kepala SD Islam Al Azhar 38 Bantul, Fathul Mujib MPdI mengatakan, dalam CFD ini, sekolah mempertemukan peserta didik dengan 'dunia luar', dimana siswa bisa belajar konsep realitas hidup, mengenal kearifan pasar tradisional, berinteraksi dengan pedagang, berdialog dengan kelompok, kenal budaya, unjuk karya dan kreatifitas. "Ini proses pembelajaran bermakna yang memperkaya," katanya kepada KRJOGJA.com, Kamis (27/12/2018).

Menurut Fathul, CFD tidak hanya Turning Road to a Public Place, tetapi bisa dimanfaatkan oleh Sekolah Al-Azhar untuk membuka diri dan membangun ruang sosial. Selain itu merangsang siswa untuk beraktivitas urban, menciptakan ide-ide kreatif, kerja sama saling belajar dan memberdayakan dengan masyarakat luas. "Ini artinya sekolah memahami navigasi dan tidak menyebabkan keterasingan," ujarnya.

Guru Al Azhar, Yuyun Kustina menambahkan, dalam CFD, murid-murid TK-SD Islam Al Azhar 38 Bantul menampilkan beragam ekstra kurikuler seperti ekskul biola, broadcasting, vocal, modern dance dan hiburan music. Selain itu diadakan aneka game, kuis dan doorprize menarik. "Tujuan Al Azhar turut berpartisipasi dalam kegiatan CFD ini untuk memberikan edukasi kepada murid maupun wali murid, bahwa akhir pekan adalah quality time yang perlu diisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat," tuturnya. Dalam CFD, Al Azhar menganjurkan murid dan orangtua menerapkan program LISA atau Lihat Sampah Langsung Ambil. (Dev)