Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 27 Desember 2018 / 11:05 WIB

Anti Alergi dan Lebih Awet, Karpet Iran Diminati Masyarakat


YOGYA.KRJOGJA.com - Karpet sudah lama menjadi bagian interior rumah tangga. Selain alasan kenyamanan, penggunaannya bisa memperindah tampilan rumah. Hal ini menjadikan Muqeet Carpets membuka toko di Yogyakarta sejak sebulan lalu (26 November 2018). Tepatnya di Jalan laksda Adisucipto No 70 Yogyakarta. 

Toko ini menyediakan semua jenis karpet impor dari Pakistan, India, Iran, Turki hingga Maroko.

Pemilik Muqeet Carpets menjelaskan
sebagian besar adalah karpet yang dijual buatan mesin. Tapi ada juga karpet handmade terutama dari Iran, Khasmir dan Pakistan. Kalau yang dari Turki kebanyakan buatan mesin.

"Dari India juga ada tapi tidak banyak.  
Untuk karpet handmade yang paling terkenal dari Iran. Berbagai jenis, berbagai ukuran dan berbagai kualitas. Bahkan ada yang ketebalan 14 mili dengan harga yang bervariasi tergantung ukura, ketebalan dan juga kualitas kedapatan" paparnya.

Dia menilai pasarYogyakarta dinilai cukup bagus. Walaupun masih jauh dibandingkan permintaan pasar di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. 
Pertumbuhan ekonomi dengan hadirnya perumahan-perumahan menengah atas ikut berpengaruh terhadap permintaan karpet impor berkualitas. 

Lebih lanjut Naim menjelaskan ada 50 lebih tingkatan kualitas sebuah karpet impor. Namun secara umum, secara kualitas karpet impor jauh diatas karpet lokal. Kelebihannya bukan hanya soal kualitas, tapi juga menggunakan bahan yang lebih baik sehingga aman dipergunakan oleh rumah tangga.

"Kelebihan lainnya tidak menyebabkan alergi dan lebih nyaman dipakai serta lebih awet. Karpet Impor mampu bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun."

Dia menambahkan cara pemeliharaan atau perawatannya pun cukup mudah. Bisa cukup dibersihkan dengan sapu lidi, atau akan lebih baik kalau menggunakan vacumm cleaner. Dicuci juga gampang di tempat pencucian karpet pada umumnya.

Selain karpet Al Muqeet Carpets juga menyediakan berbagai jenis sajadah impor kualitas terbaik. Mulai sajadah biasa hingga sajadah khusus untuk Imam di masjid masjid. Sedangkan harganya bervariasi tergantungukuran dan kualitas. 

Namun Naim mengatakan, gerainya ini mengadakan program big sale khusus hingga akhir Januari 2019 nanti dalam rangka grand opening. Selama program, Naim siap memberikan harga khusus dan langsung bernegosiasi dengan customer menyesuaikan dengan budget mereka. (*)