Wisata Editor : Danar Widiyanto Rabu, 26 Desember 2018 / 08:51 WIB

Pesona Sunset di Candi Ijo

SLEMAN, KRJOGJA.com - Siapa yang suka berburu sunset? Bagi kalian yang suka berburu sunset wajib coba deh tempat wisata satu ini, Candi Ijo. Candi yang bercorak Hindu ini memiliki pesona tersendiri. Candi ini berada di dataran tinggi sekitar 425 mdpl. Candi ini berlokasi di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. 

Lokasi dari pusat kota tak lama hanya sekitar satu jam perjalanan. Jalan menuju ke Candi Ijo juga sangat mudah dan nyaman karena jalan sudah beraspal. Jalan dapat ditempuh menggunakan mobil, bus maupun motor. Namun harus berhati hati karena jalannya yang menanjak. 

Candi Ijo memiliki keindahan tersendiri, seperti namanya, Candi Ijo bener-benar melekat dengan kehijauan. Candi yang memiliki luas 0,8 hektar ini tidak akan mengecewakan pengunjungnya. Untuk menuju ke pusat Candi, dari pintu loket menaiki tangga setinggi 3-4 meter. Masuk lebih dalam ke area candi warna hijau makin mendominasi dan memanjakan mata. Rumput yang tumbuh dan terawat dengan baik membuat para pengunjung dapat bersantai dan duduk-duduk di area tersebut. Dari atas candi, kamu bisa melihat pemandangan sebagian kota Yogyakarta dan juga aktivitas di bandara Adi Sutjipto Yogyakarta. 

Candi Ijo memiliki beberapa bagian yang terbagi. Bagian wilayah atas dan bagian wilayah bawah. Bagian atas adalah bagian yang paling sakral. Bagian yang berada di wilayah atas adalah candi utama dan tiga candi perwira. Bagian bawah adalah serpihan candi yang sudah tidak berbentuk candi, namun hanya sisa sisa bangunan candi.  

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Candi Ijo adalah sore hari, karena waktu tersebut sangat cocok untuk melihat sunset di tempat ini. Candi Ijo merupakan spot yang instagramable untuk para kalangan muda mudi saat ini. Untuk harga tiket Candi Ijo hanya Rp 10.000/per orang. Biaya parkir motor Rp 2000 dan mobil Rp 3000. Jika kalian ingin datang ke Candi Ijo, untuk rute perjalannya kalian bisa membuka peta. Candi Ijo hanya berjarak 500 meter dari tempat wisata Taman Tebing Breksi. Jadi jika kalian berkunjung di Taman Tebing Breksi sempatkanlah berkunjung juga di Candi Ijo ini. (Nastiti Izza)