Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 25 Desember 2018 / 19:52 WIB

Kebutuhan Pangan Masyarakat Terpenuhi saat Natal dan Tahun Baru

 SUKOHARJO, KRJOGJA.com-  Semua kebutuhan pokok masyarakat baik pangan, bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji selama Natal dan Tahun Baru dijamin aman. Stok barang dipastikan melimpah dan tidak sampai terjadi kekurngan.
 
Kondisi tersebut juga terjadi pada stabilnya harga. Kalaupun ada pergerakan kenaikan sifatnya hanya situasional karena tingginya permintaan masyarakat dan tidak sampai terjadi kenaikan harga di luar kendali. 
 
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Selasa (25/12) mengatakan, sudah melakukan pemantauan menjelang perayaan Natal disejumlah pasar tradisional. Selain itu mendatangi tempat atau gudang penyimpanan barang. 
 
Usaha juga dilakukan petugas dengan mengundang pedagang grosir untuk membantu menjaga ketersediaan stok barang di pasaran dan kestabilan harga. Kalaupun ada masalah maka pemerintah siap melakukan penanganan dengan mengirim barang tambahan agar harga tidak mengalami kenaikan tinggi. 
 
“Baik sebelum maupun saat Natal tim kami sudah terjun memantau langsung disemua wilayah khususnya di pasar tradisional. Tidak ada temuan masalah kelangkaan barang dan kenaikan harga di luar kendali. Semua masih dalam posisi terkendali,” ujarnya. 
 
Kebutuhan pokok khususnya bahan pangan stoknya masih melimpah ditingkat pedagang. Seperti beras dimana sekarang disebagian wilayah sedang musim panen. Tersedianya barang juga berpengaruh pada stabilnya harga pada kisaran Rp 9.500 - Rp 11.000 perkilogram. 
 
Selain beras masih ada kebutuhan pokoh bahan pangan yang banyak diburu masyarakat saat perayaan Natal yakni daging ayam dan daging sapi. Tidak ada kenaikan harga secara signifikan karena stok juga melimpah. 
 
“Untuk bahan pangan semua stok melimpah dan harga stabil saat Natal. Kami pastikan setelah melakukan pemantauan di pasar,” lanjutnya. 
 
Para lurah pasar tradisional telah diminta untuk ikut membantu memastikan ketersediaan barang dan harga bahan pangan. Apabila ditemukan kendala maka diminta untuk segera melapor. 
 
Selain bahan pangan pemantauan juga dilakukan terkait ketersediaan BBM dan elpiji. Petugas gabungan melakukan pengecekan disejumlah lokasi dan hasilnya semua stok aman. 
 
“Seperti halnya bahan pangan pembelian BBM dan elpiji selama perayaan Natal juga meningkat. Sebab aktifitas masyarakat bertambah karena adanya libur dan cuti bersama,” lanjutnya. 
 
Khusus untuk elpiji 3 kilogram Kabupaten Sukoharjo sudah mendapatkan tambahan pasokan dari PT Pertamina. Tambahan tersebut sebagai jaminan ketersediaan barang selama Natal dan tahun baru. Seluruh gas dipastikan sudah tersalurkan dari agen, pangkalan dan pengecer disemua wilayah. 
 
Lurah Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Tri Sukrisno mengatakan, tidak ada kelangkaan dan kenaikan harga kebutuhan pokok diluar kendali saat perayaan Natal. Meski begitu ada peningkatan pembelian dari masyarakat sekarang. 
 
“Stok barang masih melimpah dan harga terkendali. Tidak ada kelangkaan,” ujarnya. (Mam)