Gaya Hidup Agregasi    Rabu, 26 Desember 2018 / 18:34 WIB

Lelah Mengemudi Liburan Panjang, Ini Cara Mengatasinya

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kembali mengemudi kendaraan dari lokasi wisata setelah mengisi musim libur panjang akhir tahun ini. Tentu harus menyiapkan fisik selama perjalanan pulang kembali kerumah.

Kondisi yang sudah lelah selama berada di lokasi wisata maupun daerah tujuan selama liburan, sangat penting bagi pengemudi untuk tetap memiliki kondisi tubuh yang segar dan fit dalam mengemudi.

Beberapa pakar keselamatan berkendara seperti Founder JDDC, Jusri Pulubuhu yang mengungkap dalam menjaga stamina, pengemudi harus melakukan istirahat yang cukup serta melakukan istirahat 2 jam sekali dengan durasi maksimum mengemudi 10 jam.

Hal lain juga diungkap instruktur keselamatan berkendara dari SDCI, Sony Susmana yang memberikan tips menjaga stamina tetap fit selama perjalanan jauh dengan mengkonsumsi vitamin C dan makan buah.

Posisi mengemudi juga harus menjadi perhatian, karena tambah Sonny hal ini terkadang diabaikan pengemudi. Posisi duduk yang nyaman sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik agar tidak cepat lelah.

"Pengaturan posisi duduk yang ideal akan berpengaruh terhadap stamina agar tidak cepat lelah. Posisikan jok dengan tinggi badan untuk mendapatkan jarak antara kaki agar nyaman mengoperasikan pedal gas, kopling dan rem saat mengemudi," pungkasnya. (*)