Wisata Editor : Danar Widiyanto Sabtu, 22 Desember 2018 / 08:51 WIB

Magnet Semarang Ada di Kota Lama

SEMARANG, KRJOGJA.com - Kota Lama Semarang merupakan pusat Kota di era Kolonial Belanda. Terletak di kawasan Semarang Utara, kira-kira 50 meter dari Stasiun Kereta Api Tawang, membuat kawasan ini layak dan wajib dikunjungi untuk tujuan wisata. Ikon yang ada di kawasan ini adalah Gereja Blenduk. Disebut Blenduk karena memiliki kubah yang menyembul setengah lingkaran mirip masjid. 

Bangunan Gereja Blenduk 90 persen masih asli seperti halnya saat dibangun oleh arsitek Belanda. Memang di bagian depan terpasang pagar melingkar dan sekitarnya dilengkapi lampu taman.

Di kawasan Kota Lama ini juga sudah banyak gedung-gedung kuno yang telah direnovasi. Bahkan gedung kuno tersebut kini banyak yang disulap menjadi kafe dan gedung pertunjukan serta museum 3 Dimensi.

Jangan lupa, kalau melancong di kawasan Kota lama Semarang bawa kamera ya. jangan lewatkan momen-momen indah dengan latar belakang gedung tua.

Untuk kuliner, sudah dijamin tidak akan mengecewakan. Ada warung kuno yang dikenal dengan masakan Gudeg Koyor Marba. letaknya tepat di sambing Gedung Marba, tak jauh di depan Gereja Blenduk. Gudeg ini berbeda dengan gudeg Jogja, justru lebih condong pada masakan gudeg solo yang berkuah. Sepiring Gudeg Koyor Rp 25 ribu dan dijami makan langsung kenyang.

Ada lagi Warung Sate dan Gule Kambing 29 yang juga sudah ada di depan gereja Blenduk sejak puluhan tahun lalu. Ada menu sate buntel juga tengleng sumsum kambing.

Di belakang Gereja Blenduk, tepatnya di Asrama CPM Garuda juga terdapat Gule Kambing Bustaman. Gule Bustaman merupakan olahan kuliner khas Semarang. Kuah gule kambing khas Semarang ini tidak menggunakan santan, melainkan kelapa yang digoreng dan ditumbuk halus sebagai bumbu.

Kalau yang pingin makanan ala Eropa ya tempatnya di Cafe Siegel, letaknya sebelah Timur Gereja Blenduk, hanya berjarak 50 meter.

Pingin makan ikan bakar, ada juga di RM Ikan Bakar Cianjur, sebelah Barat Gereja Blenduk yang berjarak sekitar 30 meter. Lengkap tho ? Silahkan ke Semarang dan singgah di Kota Lama. Untuk parkir bisa di sekitar Taman Srigunting atau dekat Asrama Garuda. Mobil Rp 5000 dan Motor Rp 2000. (Chandra AN)