Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 21 Desember 2018 / 13:21 WIB

Ketua DPC Partai Demokrat Banjarnegara Divonis Bebas

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri  Banjarnegara Kamis (20/12) menjatuhkan vonis bebas terhadap Ketua DPC Partai Demokrat Banjarnegara, Hadi Suwarno, yang didakwa melakukan tindak pidana Pemilu.  

Jaksa penuntut umum mendakwa Hadi Suwarno  melibatkan sejumlah kepala desa dalam kegiatan road show ketua umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Banjarnegara pada 29 Oktober 2018.  Hadi Suwarno didakwa melanggar Pasal 493 junto 280 ayat 2 UU No 7 tahun 2017 tentang Tindak Pidana Pemilu dan dituntut kurungan 10 bulan.

Dalam putusannya, majelis hakim yang  R Heddy Bellyandi dengan anggota Farida Pakaya dan Angelia Renata, menyatakan, terdakwa terbukti melakukan tindakan yang didakwakan tetapi bukan tindak pidana. "Sehingga,  terdakwa harus dinyatakan bebas," katanya.

Majelis hakim mengacu pada pasal 272 Undang-undang Pemilu. Yakni, peserta dan tim kampanye harus terdaftar di KPU dalam setiap penyelenggaraan kampanye. Sedangkan terdakwa tidak termasuk dalam peserta dan tim kampanye yang didaftarkan di KPU.

Begitu putusan majelis hakim dijatuhkan, massa pendukung Hadi Suwarno yang memadati   ruang sidang dan lobi, langsung bersorak. Sedangkan tim jaksa menyatakan banding. 
   
Usai sidang, Hadi Suwarno mengaku bersyukur, karena majelis hakim telah memberi keadilan. "Mereka mencermati fakta-fakta persidangan, baik keterangan saksi-saksi maupun bukti-bukti yang ada," katanya. (Mad)