Peristiwa Editor : Ivan Aditya Kamis, 20 Desember 2018 / 16:51 WIB

Serapan Dana Daerah Lebih dari 90 Persen

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memprediksi serapan anggaran di daerah pada pertengahan Desember 2018 sudah lebih dari 90 persen. Pasalnya, banyak pembayaran pembangunan infrastruktur di daerah yang harus dibayar akhir tahun.

Dirjen Keuangan DaerahKemendagri Safrudin mengungkapkan serapan anggaran khusus pada kuartal IV terbilang yang paling tinggi dibandingkan dengan kuartal lainnya, yakni mencapai 30-40 persen. Sementara itu, serapan anggaran di daerah terkecil umumnya pada kuartal I yang hanya 9-11 persen.

"Pengerjaan pembangunan kan belum dimulai biasanya kalau kuartal I, jadi hanya belanja pegawai saja, belanja rutin keperluan kantor," ucap Safrudin.

Sementara itu, penyerapan anggaran pada kuartal II dan kuartal III hampir sama, yakni untuk memenuhi kebutuhan belanja pembangunan fisik dan belanja modal. "Kalau kuartal II dan III bisa 30-34 persen serapan anggarannya," terang Safrudin.

Sayangnya, ia belum memiliki data pasti terkait realisasi serapan anggaran daerah secara nasional sampai pada pertengahan Desember ini. Namun, ia meyakini tak ada lagi daerah yang belanja serapannya masih rendah jelang pengujung tahun. (*)